Film Fiksi “Mawe” Dirilis November


AMBON- Film fiksi pendek pertama di Maluku “Baju Bola” akan dirilis awal November 2015 mendatang. Film karya sutradara muda Piet Manuputty ini mengangkat budaya “mawe” dalam kehidupan masyarakat.

Mawe merupakan bahasa tradisional Maluku untuk praktik perdukunan, khusus untuk menerawang keberadaan benda-benda hilang.
“Pengambilan gambarnya sudah selesai, sekarang sedang dalam proses pematangan akhir, editing dan pembuatan scoring (musik instrumental pengiring film),” kata Piet Manuputty, di Ambon, Senin (26/10).
Film Baju Bola mengisahkan hilangnya seragam sepak bola kesayangan seorang anak desa.Akibatnya dia terancam tidak bisa mengikuti pertandingan antar kampung. Dengan segala segala cara sang anak mencari, termasuk menggunakan jasa dukun.
Sarjana komunikasi Islam dari Fakultas Ushuluddin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ambon itu mengatakan film garapannya hanya berdurasi 10 menit. Kendati demikian proses pengerjaan mulai pra-produksi hingga editing menghabiskan waktu kurang lebih sebulan.
Seluruh proses pengambilan gambar, kata dia, dilakukan di Desa Hila, pulau Ambon, Kabupaten Maluku Tengah.Para tokoh dan pemeran di dalam film itu juga adalah masyarakat setempat.
“Karena produksi film ini bekerja sama dengan salah satu rumah produksi (production house – PH ) di Jakarta, jadi nanti rilisnya melalui penayangan di salah satu stasiun TV swasta nasional,” ujar Piet..
Ide untuk mengangkat budaya tersebut dalam kemasan fiksi kehidupan, menurut Piet, dilatarbelakangi dari masih maraknya penggunaan dukun pada masa sekarang.
“Walaupun zaman sudah modern tapi praktik ini masih menjadi bagian yang tidak bisa terlepas dari peradaban masyarakat di Indonesia, meskipun proses dan bahasanya berbeda-beda, ini menjadi fenomena yang menarik dalam perkembangan masyarakat modern dewasa ini,” ucapnya. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s