Tokoh Masyarakat Utta Tolak Rumatiga Jadi Raja


Tokoh masyarakat Negeri Utta Kecamatan Wakate Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) sepakat menolak Ramli Rumatiga sebagai Kareteker Raja Negeri Utta Kecamatan Wakate Kabupaten SBT. Pasalnya, penunjukan Rumatiga selaku Kareteker Raja Utta dinilai cacat hukum dan tidak sesuai undang-undang.

Hal tersebut tertuang dalam surat keberatan masyarakat Negeri Utta kepada Pelaksana Tugas (Plt) Bupati SBT yang diterima suaraMALUKU.com, Sabtu (31/10).
Dalam surat keberatan yang ditandatangani tokoh-tokoh masyarakat Negeri Utta yakni lima perwakilan soa yang ada di negeri tersebut masing-masing Weka Warat, Ramli Ellis, Saleh Rosen, Lesiata Rumakar dan Monce Mora ini diungkapkan, selain pengangkatan Rumatiga selaku Kareteker Raja Utta yang menyalahi aturan, pengangkatan dan pelantkan Rumatiga juga ternyata diatur secara diam-diam oleh Camat Wakate Mahatir Oi yang bekerja sama dengan mantan Bupati, Abdulah Vanath.
Camat Wakate dalam menetapkan Rumatiga selaku Kareteker Raja Utta lanjut para saniri negeri tersebut, sama sekali tidak pernah melakukan pertemuan dengan saniri negeri maupun tokoh-tokoh masyarakat Negeri Utta.
Selain itu juga Rumatiga dinilai sama sekali tidak relevan menduduki jabatan Raja Negeri Utta lantaran latar belakangnya sebagai seorang pendidik. Disamping itu juga Rumahtiga semasa menjabat Kepala UPTD Dinas Pendidikan Kabupaten Kecamatan Wakate tidak pernah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Bahkan yang bersangkutan lebih memilih meninggalkan tugasnya selama menjadi Kepala UPTD tersebut.
Oleh karena itu tokoh-tokoh masyarakat Negeri Utta meminta Hendrik Morton Far Far selaku Plt Bupati Seram Bagian Timur guna mengevaluasi kembali surat penunjukan Ramli Rumatiga tersebut.
Dalam surat yang juga ditandatangani Saniri Negeri Utta tersebut dikemukakan, penunjukan Ramli Rumatiga sarat kepentingan politik Abdulah Vanath. Karena itu tokoh masyarakat Negeri Utta ini mendesak Far Far untuk menarik kembali surat keputusan penunjukan Ramli Rumatiga selaku Kareteker Raja Utta. (SM-03)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s