SAUMLAKI- Peringatan ulang tahun Kabupaten Maluku Tenggara Barat (MTB) ke-16, dirayakan secara meriah. Untuk pertama kalinya, Tarian Tanimbar TNABAR ILAA dipentaskan secara massal oleh lebih dari 1.000 penari pada puncak perayaan HUT, Selasa (3/11). Bersamaan dengan event tersebut, dilakukan deklarasi penggantian nama Kabupaten MTB menjadi Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).


Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan HUT ke-16 Kabupaten MTB kali ini melibatkan masyarakat dalam jumlah yang lebih banyak. Mereka berpartisipasi dalam berbagai atraksi perayaan sejak siang hingga sore hari, diantaranya karnaval budaya. Berbagai jenis tarian lokal dipentaskan ribuan orang sehingga memecahkan rekor MURI dengan kategori jumlah penari terbanyak.

Sekda MTB Mathias Malakan mengatakan kegiatan karnaval budaya ini dimaksudkan agar masyarakat Tanimbar mencintai budaya setempat yang merupakan warisan datuk-datuk di masa lalu. Selain itu untuk meneguhkan jati diri masyarakat MTB menghadapi perubahan arus modernisasi.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s