Sudah 58 Kali Kasus Kebakaran di Ambon


AMBON- Periode bulan Januari sampai Oktober 2015 ini, setidaknya ada 58 kali kasus kebakaran yang terjadi di Kota Ambon. Jumlah ini jauh dari prediksi yang dikirakan Kantor Pemadam Kebakaran Ambon yang hanya 45 kali.

Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Kota Ambon Edwin Pattikawa kepada suaraMALUKU.com di Ambon, Jumat (6/11) mengatakan, tingginya jumlah kasus kebakaran yang terjadi di kota ini, karena intensitas cuaca yang panas serta juga penyebab lainnya.

Untuk menambah kekuatan pihaknya dalam mengatasi kebakaran, maka pihaknya telah mengajukan permohonan untuk penambahan 4 unit armada mobil kebakaran (damkar). ”Kami sudah ajukan permohonan 4 mobil damkar ke pusat. Mudah-mudahan, usulan ini bisa direalisasi dalam tahun mendatang,” kata Pattikawa.

Menurut Pattikawa, saat ini, armada-armada damkar milik pemkot masih menggunakan sistem portabel atau mesin pompa. Teknologi ini agak tertinggal, karena sebagian besar armada damkar yang terbaru sudah menggunakan sistem mesin mobil. ”Kami juga akan mengajukan anggaran tambahan, guna mengantisipasi kemungkian terjadinya kebakaran di kota ini,” ungkapnya.

Pattikawa juga menambahkan, karena intensitas kebakaran yang cukup tinggi dalam kurun waktu belakangan ini, maka petugas damkar siaga penuh selama sehari di kantor. Sebab jika kebakaran tidak diantisipasi cepat, maka efeknya akan meluas dan menimbulkan korban yang besar. Saat ini, tambah Pattikawa, jumlah mobil pemadam milik Pemkot Ambon sebanyak 10 unit.(SM-06)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s