Festival Budaya Banda Naira 2015 Dimulai


BANDA- Festival Budaya Banda Naira 2015, dimulai hari ini Senin (9/11) dan Selasa (10/11). Acara tersebut merupakan inisiatif Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah yang dilaksanakan secara tahunan.

“Sejumlah mata lomba yang akan ditampilkan dalam festival ini di antaranya lomba dayung perahu belang berkepala naga, lomba memancing, serta lomba foto bawah laut,” kata Kabag Humas Pemkab Malteng Boni Kabrahanubun di Masohi, Ibu Kota Kabupaten Maluku Tengah, Minggu.

Kegiatan tahunan ini selain bertujuan mempertahankan tradisi adat dan budaya masyarakat setempat, juga sebagai upaya mempromosikan aneka potensi wisata yang ada seperti wisata sejarah dan wisata alam bawah laut yang memang sudah terkenal di dunia sejak jaman penjelajahan samudera.

Sejak dua hari terakhir, Pulau Banda yang pernah menjadi tempat pengasingan Bung Hatta dan Syahrir ini sudah dipenuhi para tamu lokal maupun tamu asing yang ingin menyaksikan festival dimaksud, atau pun ikut aktif sebagai peserta lomba. Para pengunjung ini berangkat dari pelabuhan laut Tulehu, Kecamatan Salahutu (Pulau Ambon) Kabupaten Maluku Tengah sejak dua hari terakhir dengan menggunakan kapal cepat.

Menurut Boni, saat ini pihaknya agak kesulitan mendapatkan kamar penginapan karena sudah dipenuhi tamu-tamu yang akan menyaksikan kegiatan tahunan itu, termasuk sejumlah wisatawan asing. “Karena rombongan Pemkab Malteng yang dipimpin Bupati juga cukup banyak sehingga memerlukan kamar-kamar penginapan yang memadai,” katanya.

Secara terpisah, Gubernur Maluku Said Assagaff mengatakan potensi terumbu karang di Kepulauan Banda dijaga karena ternyata ada salah satu spesies tersebut yang bisa dijadikan bahan dasar untuk pengobatan penyakit kanker.

“Belum lama ini ada peneliti asal Finlandia yang menemukan spesies tersebut dan spesies terumbu karang ini sulit ditemukan pada lokasi lain di dunia, bahkan mereka sudah kembali ke Maluku dengan peralatan yang canggih sehingga kawasan perairan Banda harus diawasi,” katanya.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s