Kuasai 20 Paket Ganja Warga Galala Dimeja Hijaukan


AMBON – Lantaran menguasai 20 paket ganja kering dan 6 linting ganja kering tanpa ijin, menyebabkan dua warga Desa Galala Kota Ambon harus duduk di kursi pesakitan sebagai terdakwa dalam kasus tindak pidana narkotika.

Dalam sidang yang dipimpin Suko Harsono selaku hakim ketua di Pengadilan Negeri Ambon, Rabu (4/11), Jaksa Penuntut Umum (JPU) menghadirkan empat orang polisi dari Direktorat Narkoba Polda Maluku.

Para saksi dalam keterangannya dihadapkan persidangan mengakui, kedua terdakwa ditangkap pada 6 Juni 2015 di kawasan Tugu Dolan Kudamati. Saat ditangkap keduanya sedang asik berdiri menunggu seseorang.

Dari hasil penggeledahan badan yang dilakukan petugas Direktorat Narkoba Polda Maluku terhadap keduanya, petugas menemukan dua puluh paket ganja yang disimpan dalam saku jaket terdakwa Marines. Selain itu juga petugas menemukan enam linting ganja siap konsumsi yang disimpan di dalam saku celana Marines.

Dari hasil pengebangan tersebut diketahui bahwa ganja-ganja kering tersebut adalah milik Ferdy Tamaela alias Jamaica, dan saat itu juga petugas berhasil menangkap Jamaica. Dari pengakuan Jamaica diketahui bahwa ganja tersebut memang miliknya yang dibeli dari salah satu warga Batu Gantung bernama Opel seharga Rp2 juta. Ganja kering tersebut rencananya akan dijual kembali dan sebagian akan dikonsumsinya sendiri.

Sementara itu kedua terdakwa ketika diperiksa majelis hakim mengakui, keduanya memang sudah lama mengkonsumsi ganja. Bahkan Jamaica kepada majelis hakim mengakui dirinya telah menggunakan narkoba jenis ganja selama setahun. Dan apabila tidak menggunakan narkoba jenis ganja maka badannya akan terasa meriang.

Jamaica kepada majelis hakim juga mengakui, dirinya sudah melakukan transaksi jual beli narkoba jenis ganja sebanyak 4 kali dengan keuntungan mencapai Rp7 juta.

Setelah mendengar keterangan kedua terdakwa dan saksi-saksi lainnya, majelis hakim yang dipimpin Suko Harsono menunda sidang hingga Rabu pekan depan dengan agenda pembacaan tuntutan oleh Jaksa Penuntut Umum. (SM-03)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s