Operasi Bibir Sumbing Gratis 12 -14 November


AMBON- Operasi bibir sumbing dan urologi gratis akan dilaksanakan di Kota Ambon pada 12-21 November 2015. Acara ini merupakan hasil kerjasama Pemerintah Kota Ambon dan Pemerintah Vlissingen Belanda.

“Tim dokter Vlissingen dan kota Ambon melakukan operasi bibir sumbing dan urologi bagi anak-anak dan dewasa di RSUD Dr M.Haulussy Ambon,” kata Kepala Klinik Mata Ambon Vlissingen Daniel Siegers di Ambon, Sabtu.

Menurut dia, operasi bibir sumbing dan urologi melibatkan empat dokter ahli dari Belanda didukung perawat dari RSUD Haulussy.Tim medis terdiri atas dokter ahli bedah plastik, anestesi serta tenaga medis dari Vlissingen akan tiba di Ambon mulai 8 November untuk membantu pelaksanaan operasi.

Daniel mengatakan, kegiatan ini merupakan bagian dari program Pemkot Ambon dan Vlissingen melanjutkan hubungan kerja sama kota kembar (sister city) dalam berbagai sektor pada Maret 2012. Operasi tersebut ditujukan bagi masyarakat miskin di Kota Ambon dan sekitarnya.
Operasi dilaksanakan setiap tahun kepada masyarakat miskin di kota Ambon.
Tahun 2014 tercatat 75 pasien berhasil dilakukan tindakan operasi oleh tim dokter.

Tahun 2015 tim Vlissingen belum menargetkan jumlah pasien yang akan menjalani operasi dan diharapkan masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini untuk memeriksakan kesehatan.

Hubungan kerja sama Vlissingen – Ambon telah terjalin sejak 2006 terutama untuk penanganan sampah dan kebersihan, lingkungan, kesehatan dan pendidikan. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s