Suka Makan Pedas Bisa Cegah Obesitas


BANYAK cerita dan mitos terkait kebiasaan mengonsumsi makanan pedas. Tapi, ada penelitian terbaru menyebut kebiasaan makan pedas ternyata juga memberi andil untuk mencegah obesitas.

Para peneliti dari University of Adelaide menemukan bahwa diet tinggi lemak dapat mengganggu reseptor cabai pedas penting yang terletak di bagian perut yang memberi sinyal kenyang. Ini terjadi saat perut meregang dan mulai mengaktifkan saraf sinyal tersebut.

“Kami menemukan bahwa aktivasi ini diatur oleh reseptor cabai pedas atau TRPV1 di perut,” kata profesor Amanda Halaman dari Universitas sekolah kedokteran Adelaide. Tim penelitian juga menemukan bahwa reseptor TRPV1 dapat terganggu oleh diet tinggi lemak yang mengakibatkan obesitas.

Hal ini diketahui dari penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa capsaicin, yang ditemukan dalam cabai pedas, mengurangi nafsu makan pada manusia. Oleh karena itu, bagian dari efek capsaicin pada asupan makanan dapat dimediasi melalui perut.

“Hal ini menarik karena kita sekarang tahu bahwa konsumsi capsaicin dapat mencegah makan berlebihan melalui aksi pada saraf di perut,” tambah Dr Stephen Kentish, dari National Health and Medical Research Council (NHMRC), seperti dikutip dari Zeenews, Kamis. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s