Unpatti Bina 250 Penerima Beasiswa Bidik Misi


AMBON- Sebanyak 250 orang mahasiswa baru penerima beasiswa bidik misi tahun ajaran 2015 mengikuti pembinaan yang dilakukan oleh Bidang Kemahasiswaan Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon, 6-7 Oktober di Aula Lantai 2 Rektorat Unpatti.

Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan, Andriani Bandjar menyebut, bidik misi merupakan beasiswa yang istimewa, karena penerimanya merupakan mahasiswa baru yang diseleksi berdasarkan nilai laporan pendidikannya selama SMA.

“Penerima beasiswa ini akan dibe­baskan dalam pungutan kuliahnya selama studi. Selain prestasi akade­mik dan non akademik selama SMA, syarat mutlak bagi penerima beasiswa ini adalah berasal dari keluarga kurang mampu,” jelas Bandjar.

Masing-masing penerima beasiswa setiap bulannya menerima sebesar Rp1.000.000 dengan peruntukan Rp600.000 untuk biaya hidup dan langsung ditransfer ke rekening penerima. Sedangkan Rp400.000 sisanya akan masuk ke rekening rektorat untuk pembayaran uang kuliah. “Jadi dalam satu semester itu, mahasiswa terima beasiswa sebesar Rp 3,6 juta. Dan yang dibayar ke rekening rektorat, Rp2,4 juta,” ungkap Bandjar.

Menurutnya, untuk uang SPP per semester sekarang sudah meningkat menjadi Rp3.000.000, jadi ada tambahan subsidi dari universitas untuk mahasiswa penerima bidik misi agar dapat melunasi uang kuliahnya.

Proses evaluasi terhadap mahasiswa penerima beasiswa bidik misi akan dilakukan setiap semester. Jika IPK mahasiswa kurang dari 2,75 tetapi diatas 2,5 maka akan ada lampu kuning dari pihak kampus dan akan dilakukan pendampingan mengapa sampai nilai mereka bisa turun.

Begitupun pada semester berikut­nya, prestasinya tidak membaik, maka akan digantikan dengan mahasiswa lain yang memenuhi syarat dari angkatan dan fakultas yang sama. Dan nama-nama pengganti biasanya diusulkan oleh pihak fakultas untuk selanjutnya diverifikasi oleh pihak rektorat.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s