Kurun 20 tahun, 1.378 Penduduk Maluku Kena AIDS


AMBON- Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Provinsi Maluku, dr. Rita Tahitu mengatakan, berdasarkan data yang dihimpun sebanyak 1.378 penduduk di Provinsi Maluku telah terjangkit Acquired Immune Deficiency Syndrome (AIDS).

Selama 20 tahun belakangan ini sejak 1994 hingga 2014 secara komulatif tercatat 2641 penduduk yang telah melakukan pemeriksaan terhadap penyakit Human Immunodeficiency Virus atau HIV dan AIDS itu.

Lebih rinci, dia menjelaskan dari data yang dihimpun ternyata terdapat 1263 penduduk yang turut mengidap penyakit HIV sementara sisanya telah dinyatakan sebagai pengidap endemis AIDS.

“Komulatifnya yang telah mengikuti pemeriksaan adalah sebanyak 2.641 orang namun yang telah dinyatakan AIDS adalah 1378 orang, sisanya baru mengidap HIV,” jelasnya kepada sejumlah wartawan, senin (9/11) di ambon.

Penyakit HIV/AIDS di Maluku lebih banyak disebarkan oleh kalangan pria. Hal ini dikarenakan pria lebih didekatkan dengan faktor 3M (Man,Mobile and Much Money). Selain itu juga usia yang sering dirambah oleh penyakit itu berkisar antara umur 15 hingga 39 tahun. “Usia ini sangat rentan bahkan jika dipresentasekan berkisar 76 persen dari jumlah kasus penyakit tersebut.”katanya.

Sebelumnya, Sekretaris Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Ambon menjelaskan pihaknya menemukan 97 kasus baru penderita HIV/AIDS di Kota Ambon periode Januari – Juli 2015, terdiri dari 25 penderita mengidap HIV dan 72 penderita AIDS. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s