Gunung Botak Sudah Kosong dari Penambang


NAMLEA- Komandan Kodim 1506 Pulau Buru Letkol Inf Faisal Risal memastikan Gunung Botak yang selama ini jadi lokasi penambangan emas liar, sudah bersih dari para penambang.

Kalaupun ada yang penambang yang terlihat di Gunung Botak, itu lebih pada kepentingan mereka untuk mengambil sisa-sisa barang yang tertinggal. “Itupun dibatasi hingga hari Sabtu (14/11/2015). Mereka juga harus minta izin kepada aparat gabungan lebih dulu,” Kata Dandim 1506 kepada pers di Namlea, Minggu (15/11/2015).

Selaku Ketua Tim Terpadu Pembersihan Gunung Botak, Dandim menjelaskan, terhitung sejak 14 November lalu, sudah tidak ada lagi operasional penambang di Gunung Botak. Jika ada yang masih coba-coba kembali ke lokasi penambangan maka akan ditindaklanjuti dengan proses hukum.

Dari pantauan di lapangan, tenda dan kios-kios di lokasi penambangan sudah rata dengan tanah. Aparat gabungan juga telah melakukan membakar tenda dan kios-kios sehingga tidak bisa lagi digunakan untuk beraktivitas.

Sementara itu, Kapolres Buru AKBP Yugonarko mengatakan pengosongan kali ini merupakan klimaks dari tindakan aparat gabungan. Sebelumnya, sudah 22 kali usaha pengosongan dilakukan namun gagal.

Mengenai sisa barang yang masih tertinggal, akan dilakukan pemusnahan. Aparat juga akan memusnahkan bahan-bahan berbahaya yang selama ini digunakan penambang. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s