Mubes 1.000 Tokoh Maluku Dihadiri Wapres


AMBON- Musyawarah Besar Masyarakat Maluku (Mubes Mama) yang melibatkan 1.000 tokoh Maluku dari berbagai daerah di Indonesia, akan dihadiri Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla.

Sekretaris Panitia Pelaksana Mubes Mama Cak Saimima mengatakan Wapres Jusuf Kalla sudah diundang dan bersedia hadir membuka Mubes Mama yang dilaksanakan di Kota Ambon pada 25 – 26 November 2015.

“Dipastikan Wapres menghadiri pembukaan Mubes Mama yang melibatkan masyarakat Maluku dari 34 Provinsi di Tanah Air maupun luar negeri,” ujarnya.

Panitia, juga mengundang Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Luhut Binsar Panjaitan sebagai narasumber utama di Mubes Mama.

Mubes Mama yang diprakarsai Gubernur Maluku Said Assagaff diselengarakan dengan tujuan mengakomodasi desakan kepada pemerintah pusat untuk memberikan kewenangan otonomi kepulauan. Pertimbangannya, Maluku ditetapkan BPS sebagai Provinsi termiskin nomor empat di Indonesia.

Mubes Mama dimanfatkan untuk mengkonsilidasikan wawasan keMalukuan dalam realitas kebhinekaan negara kesatuan republik Indonesia dan memperjuangkan keadilan dalam pemerintahan, pembangunan dan pelayanan sosial.

Begitu pun merumuskan pikiran-pikiran untuk mempersiapkan calon pemimpin nasional yang berasal dari Maluku.

Sebelumnya, sejumlah pensiunan perwira tinggi TNI dan Polri asal Maluku yang tergabung dalam FKRM telah menemui Menkopolhukam Jendral TNI (purn) Luhut B. Pandjaitan dalam pertemuan di kantornya, jalan Merdeka Barat Jakarta Pusat, senin (2/11/2015) sore. Para purnawirawan PATI TNI dan Polri itu terdiri atas Letjen (Purn) Suaidi Marassabessy selaku penasehat FKRM didampingi ketua FKRM Mayjen (Purn) Max Tamaela dan pengurus FKRM lainnya Mayjen TNI (Purn) Karel A.Ralahalu, Laksda TNI (Purn) Franky Kaihatu, Marsda TNI (Purn) Peter Wattimena, Brigjen Pol (Purn) Emus Laturete, Muhammad Noeh Hatumena, Suhaidi Samallo, dan wakil masyarakat Maluku Tenggara dan Maluku Barat Daya Drs. DC. Far Far dan Butje Baltazhar.

Intinya selain menjelaskan tentang agenda Mubes Mama, kepada Menko Polhukam mereka meminta keadilan dalam pembagian kue pembangnan. Karena sejak NKRI berdiri, padahal Maluku sebagai provinsi ke 8 yang mengesahkan dirinya sebagai bagian integral dari NKRI melalui JONG AMBON yang ikut melahirkan “Soempah Pemoeda” 1928.

Kalau NKRI ini ibarat perusahaan dagang, maka Maluku merupakan salah satu pemegang saham di perusahaan itu yang semestinya tiap tahun memperoleh deviden yang setara. Tapi kenyataannya deviden yang diperolehnya dari perusahaan itu sangatlah minim.(*)

One thought on “Mubes 1.000 Tokoh Maluku Dihadiri Wapres

  1. KAMI ANAK – anak maluku mendukung sepenuhnya MUBES 1000 toko dengan syarat keseriusan menyikapi..prov. maluku daerah termiskin ke 4 urutan provinsi, ini adalah tamparan keras buat kita semua yang tak mampu memajukan daerah ini..padahal bilah di bandingkan SDM DAN SDA yg di miliki tak kalah dari daerah lain….SUGGUH…BERONTAK BILAH NEGOSIASI TIDAK DI DENGAR…..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s