Senator Maluku Dengar Pendapat Siswa Nusalaut


AMBON – Senator asal provinsi Maluku, Novita Anakotta berkunjung ke Nusalaut, Kabupaten Maluku Tengah dalam rangka melakukan rapat dengar pendapat bersama siswa dan guru SMA Negeri di pulau tersebut.

Rapat dengar pendapat dengan 40 orang siswa dan guru SMA Negeri Nusalaut dirangkai dengan kegiatan pengobatan gratis kepada 300-an warga di desa Titawaai dan Nalahia, Pulau Nusalaut pada 9 November 2015.

Novita mengaku memanfaatkan forum tesebut untuk memotivasi para siswa agar giat belajar serta memiliki cita-cita yang tinggi untuk meraih masa depan.

“Jangan pernah menyerah. Belajar dengan giat dan harus mempunyai cita-cita yang tinggi. Sekolah di kampung bukan berarti tidak memiliki kesempatan untuk menempuh pendidikan lebih tinggi dan bersaing dengan anak-anak yang tinggal di kota,” tandasnya.

Sebagai anggota Komite III DPD RI, Novita juga memanfaatkan kesempatan tersebut untuk menyosialisasikan empat pilar kebangsaan yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum SMA Negeri Nusalaut, Max Picauly, menyambut positif kegiatan rapat dengar pendapat dan sosialisasi empat pilar kebangsaan bersama senator asal Maluku tersebut.
Max meminta senator asal Maluku tersebut untuk memperhatikan nasib dan status para guru di Pulau Nusalaut, karena sebagian besar masih guru honor, sehingga membebani anggaran operasional sekolah.

Pada SMA tersebut tercatat hanya delapan orang yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS), tujuh orang guru honor lepas dan dua lainnya berstatus kategori dua (K2), sehingga membebani biaya operasional.

“Setiap tahun kami harus mengalokasikan Rp64 juta yang diambil dari uang komite dan biaya operasional sekolah (BOS) untuk membayar gaji guru honor. Itu pun kadang anggarannya tidak mencukupi,” katanya. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s