25 November, Festival Cakalele dan Belang di Banda


EVENT budaya Maluku akan digelar lagi di Banda Naira, yakni Festival Belang Tradisional dan Festival Cakalele Banda (Sia Male).

Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Ambon Stevanus Tiweri mengatakan event ini akan dilaksanakan 25 November 2015 dan diikuti 8 kelompok peserta. “Ini merupakan upaya melestarikan budaya Maluku dan sebagai sekaligus menarik wisatawan,” katanya. Berbagai atraksi juga akan mewarnai event ini sehingga semakin memarakkan suasana.

Belang (kapal perang orang Banda) berbeda jauh dari masyarakat Maluku lainnya. Seperti juga budaya-budaya lainnya yang tumbuh di masyarakat Banda, maka lomba Belang (belang manggurebe) ini tidak lepas dari unsur-unsur mitos, mistik dan ritual, yang hanya dipahami oleh masyarakat Banda sendiri.

Sementara Cakalele Banda cukup unik. Cakalele Banda adalah perpaduan antara seni tata rias pakaian, seni tari dan seni berperang. Pakaiannya yang warna warni dihiasi dengan burung Cerderawasi diatas topi para penari, menyerupai motif kostum elite bangsawan pasukan kerajaan Inggris, terkesan mengagumkan siapa saja yang melihatnya.

Sebelumnya, Pemkab Maluku Tengah juga baru saja menyelesaikan event Festival Budaya Banda Naira 2015 pada 9 dan 10 November lalu. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s