Salut! MTB Kirim Siswa dan Guru ke Australia


DARWIN- Salut kepada pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara Barat. Menjelang akhir tahun 2015, Pemkab MTB memberangkatkan 5 siswa dan 5 guru untuk mengikuti program Student Education Program (SEP) 2015 di Darwin, Northern Territory, Australia.

Adapun 5 siswa yang terpilih berangkat ke Darwin adalah Elsina Silety (siswi SMA Unggulan Saumlaki), Rosa Melati Sukma Layan (Siswi SMA Negeri 1 Tanimbar Selatan Saumlaki), Valentina Kaneti (siswi SMA Negeri 1 Tanimbar Utara, Larat), Anastasia Mampesi (siswi SMA Budhi Mulia Saumlaki), dan Emanuel Embuai (siswa SMP Negeri 1 Tanimbar Selatan, Saumlaki).

Sedangkan ke-5 guru adalah Astuti Dwi Wahyuni (Guru Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Tanimbar Selatan Saumlaki), I Kadek Sutiani (Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Tanimbar Selatan Saumlaki), Harold J. Oratmangun (Guru Bahasa Inggris SMA Kristen Saumlaki), Elleb Patricya Resimanuk (Guru Bahasa Inggris SMA Unggulan Saumlaki) dan Subroto Yempormase (Kepala SD NK 2 St Yoseph Lauran Saumlaki).

Ke-10 siswa dan guru dari MTB itu, berangkat menuju Darwin pada 14 November lalu dari MTB. Mereka baru tiba Selasa (17/11/2015) kemarin, dan hari ini sudah langsung mengikuti berbagai program. Menurut Benigno Narahawarin, salah satu pendamping tim , mereka akan berada di Darwin selama kurang lebih satu bulan. “Tanggal 17 Desember baru tim kembali lagi ke Saumlaki,” ujarnya.

Terpilihnya para siswa dan guru yang mengikuti program SEP 2015 di Darwin, dilakukan lewat proses seleksi pada akhir awal Oktober lalu di SMA Negeri 1 Tanimbar Selatan, Saumlaki. Penyelenggara seleksi adalah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan MTB.

Selanjutnya penyelenggara menetapkan penguji dari pihak independen dalam hal ini Raido Ureyana Cordis Saumlaki yang sejak 2014 menyelenggarakan Program Penyiaran dan Pembelajaran Bahasa Inggris setiap Senin pukul 20.30 WIT melalui program Star Ureyana Cordis. “Yang ikut seleksi untuk siswa ada 16 orang. Sedangkan guru 32 orang,” timpal Narahawarin yang juga merupakan salah satu tim seleksi.

Narahawarin juga menjelaskan, SEP 2015 merupakan salah satu program peningkatan mutu pendidikan di wilayah MTB. Program ini merupakan tindak lanjut dari hasil kunjungan Pemerintah Kabupaten MTB ke Kota Darwin Northern Territory pada September 2015.

“SEP 2015 dilaksanakan antara pemerintah Kabupaten MTB dengan Kormilda College of Darwin NT sebagai wujud kerjasama antara pemerintah Kab MTB dan pihak Kormilda College of Darwin. Tujuan MoU adalah mempromosikan Darwin dan Kormilda College khusus sebagai tempat tujuan untuk peluang pertukaran pendidikan dan budaya bagi siswa dari Saumlaki, Kabupaten MTB melalui student education program,” ungkap Narahawarin. (*)

.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s