Guru Kota Ambon Paling Banyak Ikut Seleksi Nasional


AMBON- Kualitas guru di Kota Ambon masih lebih unggul dibanding guru di kabupaten/kota lain di Maluku. Dari hasil seleksi guru berprestasi tingkat Provinsi Maluku, mayoritas guru kota Ambon terpilih ke tingkat nasional sebanyak 12 orang. Tiga lainnya masing-masing berasal dari Saumlaki, Tual dan Buru.

Ke-12 guru Kota Ambon yang akan mengikuti seleksi nasional terdiri dari masing-masing dua guru dan kepala sekolah Taman Kanak-Kanak (TK), dua guru dan kepala SD dan SMP serta lima guru dan kepala sekolah SMA dan SMK.
Selain itu, dua orang pengawas dari Dinas Pendidikan serta satu orang guru berdedikasi.

Mereka yang lolos adalah Pengawas sekolah masing-masing Willem Waas, Wilhelmus Mahoklory, Daniel Keppy. Selain itu, guru TK Negeri yakni Pembina Teluk Haliyah, Kepsek TK Kristen Mahia Ambon (Kristina Manaha), Kepsek SD Negeri Hukurila (E Angkotomy), Guru SDN 26 Ambon (Fitria Djibran), Kepsek SMPN 14 Ambon (S Duwila), guru SMPN 6 Ambon (Gertuida Patty), Kepsek SMKN 6 Ambon (J Tiwery). Berikutnya, guru SMKN 3 Ambon (Daniel de Fretes), guru SMKN 3 Ambon dan guru SMAN 4 Ambon (Neltje de Kock).

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon Benny Kainama, menjelaskan seleksi guru berprestasi tingkat provinsi yang diikuti tujuh kabupaten/kota di Maluku. Penilaian guru dan pengawas dilakukan Forum Pendidikan Prestasi Kota Ambon dan Provinsi Maluku sejak Mei.

Penilaian tersebut meliputi portofolio, penguasaan akademik yakni wawancara dan tes tertulis, karya ilmiah untuk penelitian tindakan kelas dan tindakan sekolah, serta presentase terhadap karya ilmiah untuk penguasaan ilmu teknologi.

Seleksi guru berprestasi adalah agenda rutin setiap tahun, yang seleksinya dilaksanakan pada bulan Juli tetapi ditunda hingga 25 November 2015. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s