Vlissingen Bantu Wujudkan Ambon Kota Hijau


AMBON- Pemerintah kota Vlissingen, Belanda, akan membantu mewujudkan Ambon sebagai kota hijau (green city). Hal ini ditandai penandatanganan nota kerjasama green sister city antara Wakil Walikota Vlissingen dengan Walikota Ambon Richard Louhenapessy di Ambon, Jumat (20/11/2015).

Kerja sama kota kembar yang terjalin sejak 2006 difokuskan pada penanganan sampah, kebersihan, lingkungan, kesehatan dan pendidikan. MOU yang dilakukan saat ini lebih difokuskan pada pengembangan lingkungan hidup atau kota yang hijau.

Wakil Wali Kota Vlissingen, Albert menyatakan, perkembangan kota Ambon mengalami peningkatan yang semakin baik setiap tahun. Perkembangan tersebut tidak hanya di bidang pembangunan dan ekonomi, tetapi bidang lingkungan hidup, kesehatan dan pendidikan.

“Hal ini terbukti dari kerja sama pembangunan klinik mata Ambon – Vlisingen mengalami kemajuan yang pesat, selain itu di bidang pendidikan sekolah yang ditetapkan sebagai proyek percontohan juga semakin baik, serta pola pengolahan sampah,” katanya, dilansir Antara.

Pihaknya juga memberikan apresiasi atas kinerja Pemkot Ambon yang terus melakukan pembangunan guna peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Saya juga mengagumi keramah tamahan warga kota Ambon dalam melayani dan menyambut tamu yang datang. Semua itu merupakan faktor penunjang terpenting,” katanya.

Sedangkan, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy mengakui, kunjungan Wakil Wali Kota Vlissingen diharapkan semakin mempererat hubungan kerjasama kota kembar, bukan hanya dibidang kesehatan dan pendidikan, tetapi lainnya.

“Potensi kerjasama kita diharapkan dapat meningkat di bidang perikanan maupun pariwisata, karena karekteristik kota Ambon dan Vlissingen hampir sama yakni terletak di tepi pantai,” ujarnya.

Dia mengemukakan, banyak hal yang telah dilakukan Pemerintah Vlissingen kepada Ambon, diantaranya bidang kesehatan yakni pembangunan klinik mata Vlissingen Ambon di desa Passo berupa operasi katarak, operasi urologi dan operasi bibir sumbing.

Bidang kebersihan dan pengelolaan sampah, serta bidang pariwisata yakni pengembangan dan promosi wisata di Belanda melalui kegiatan pasar malam.

Richard berharap, pelaksanakan pembaruan kerja sama tersebut masyarakat yang tidak mampu terus dapat menikmati pelayanan kesehatan gratis dari tim dokter Belanda. (*/ant)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s