Tinggikan! Glenn Fredly


APRESIASI perlu diberikan masyarakat Maluku kepada Glenn Fredly yang akan tampil dalam konser di Kota Ambon, Sabtu (21/11/2015) malam. Glenn sudah banyak berbuat untuk Maluku.

Satu hasil karyanya yang fenomenal adalah produksi film “Cahaya dari Timur, Beta Maluku” yang sarat dengan pesan perdamaian.

Tulisan Glenn Fredly di blog pribadinya mengenai background pembuatan film “Cahaya dari Timur, Beta Maluku”, semakin menegaskan jati dirinya yang bisa dijadikan inspirasi bagi kita semua.

Untuk menghormati penampilannya di Kota Ambon, kami kutip kembali tulisan Gleen di blog pribadinya yang dipublish pada 18 Juni 2014. Berikut tulisannya:

Cahaya-Dari-Timur-Beta-MalukuPADA tahun 2000 adalah tahun kedua dimana kerusuhan horisontal yang sarat unsur politisasi yang berbasis agama antara komunitas Islam dan Kristen di Ambon, Maluku terjadi.

Entah otak gila apa dan keberanian yang datang dari mana, yang telah membuat saya mempertaruhkan semua saat itu untuk kembali pulang ke Ambon dalam keadaan yang amat sangat tidak kondusif saat itu…

Ya saya pulang ke Ambon sebagai warga sipil biasa pada tahun 2000 itu, tanpa pengawalan dan jaminan keamanan bak seorang artis yang hendak naik panggung.

Saya ingat betul bagaimana sehari sebelum keberangkatan saya ke Ambon, saya bersitegang pendapat dengan kedua orang tua saya tentang masalah rencana keberangkatan saat itu. Saya bersikeras untuk tetap berangkat.

Saya ingin melihat dengan mata kepala saya sendiri, seperti apa sebenarnya yang terjadi di sana, karena media sudah tidak netral dalam memberitakan apa yang terjadi pada saat itu. Dan saya tak habis pikir bagaimana budaya pela gandong (sumpah persaudaraan) yang diajarkan pada saya dari sejak saya kecil oleh kakek dan nenek saya itu, bisa mencabik- cabik orang Maluku dalam konflik paling beringas dalam sejarah bangsa di pembuka abad 21 itu.

Leave a Reply

