Balik dari Marseille, Gubernur Ungkap Ekspor 90.000 Ton Ikan


JAKARTA- Gubernur Maluku Said Assagaf beserta rombongan sudah kembali ke Indonesia setelah berkunjung ke Marseille, Prancis 16 – 20 November 2015.

Tak diketahui pasti, kapan kepastian waktu kedatangan Gubernur Maluku dan rombongan di Indonesia. Tapi pada Minggu (22/11/2015) sekitar pukul 14.30 WIB, Portal Berita Okezone.com sudah menyajikan berita yang memuat keterangan Gubernur Maluku tentang hasil kunjungannya ke Mersaille.

Begitu juga dengan Kantor Berita RMOL yang memberitakan kedatangan Gubernur Maluku pada hari yang sama sekitar pukul 20.15 WIB.

Hasil kunjungan ke Prancis, menurut Gubernur, ada beberapa kesepakatan investasi. Kesepakatan investasi yang akan dijalin dengan negara Eropa itu antara lain di sektor perikanan, pariwisata, dan rencana sister region Maluku-Marseille.

“Atas hal tersebut gubernur Marseille dan juga para pengusaha setempat akan meninjau ke Maluku, sebagai tindak lanjut kerja sama yang disepakati,” kata Gubernur Said dalam keterangannya kepada redaksi RMOL.

Adapun tindak lanjut yang akan dilakukan pengusaha Marseille dalam waktu dekat adalah mengimpor 90.000 ton ikan per tahun untuk kebutuhan Uni Eropa yang memiliki standard grade A dari Maluku. Oleh karena itu, pemerintah diberikan waktu untuk bebenah serta mempersiapkan peralatan yang sesuai dengan standard grade A.

“Peluang kerja sama ini diyakini dapat meningkatkan potensi pendapatan daerah hingga puluhan miliar rupiah per tahun. Di samping itu juga Maluku nanti akan dijadikan feeder hub tol laut seperti Marseille yang merupakan gerbang masuk Prancis dari negara lain untuk transaksi bisnis dan lainnya,” kata Gubernur Said.

Dirinya berharap, dengan hasil positif kunjungan dari Marseille ini, Maluku telah menjadi daya tarik pengusaha asing untuk investasi dan berbisnis.

“Jika investasi dari luar mengalir deras, maka yang diuntungkan tidak hanya pemerintah semata. Manfaat positifnya meningkatkan perkembangan ekonomi bagi rakyat Maluku, serta Indonesia,” tandas Gubernur Said. (*)

One thought on “Balik dari Marseille, Gubernur Ungkap Ekspor 90.000 Ton Ikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s