Mubes Mama; Maluku Masa Depan akan Lebih Makmur


AMBON- Kehadiran Wakil Presiden Jusuf Kalla membangkitkan optimisme 1.000 peserta yang menghadiri pembukaan Musyarawah Besar Masyarakat Maluku (Mubes Mama) di Islamic Center, Waihaong, Ambon, Rabu (25/11/2015).

Banyak nasihat dan petuah-petuah berharga yang disampaikan Wapres Kalla demi kemajuan masyarakat Maluku. “Saya yakin, Maluku di masa depan, akan lebih makmur dari sejarah masa lalu,” salah satu optimisme Wapres Kalla saat membuka acara Mubes Mama.

Keyakinan itu, didasarkan pada fakta bawah Maluku memiliki sumber daya yang melimpah. “Hanya dengan persatuan dan kesatuan, serta ditunjang toleransi hidup antarumat beragama, maka kekayaan yang melimpah ruah baik di darat dan di laut dapat dikelola optimal bagi kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah di masa mendatang,” ungkapnya.

Sebaga warga kehormatan Maluku yang bergelar Upulatu Mel (pemimpin raja raja Maluku), Wapres Kalla menegaskan dirinya berkewajiban mengingatkan pemerintah dan seluruh komponen masyarakat Maluku untuk mengedepankan perdamaian dan kekeluargaan. “Persatuan, kekeluargaan dan persaudaraan merupakan alat utama untuk membangun kejayaan Maluku di masa depan,” timpalnya.

Sementara itu, pembukaan acara Mubes Mama yang melibatkan 1.000 tokoh Maluku dari 34 provinsi di Indonesia dan luar negeri juga dihadiri Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan. Acara tersebut berlangsung dalam naungan tema “Masa Depan Maluku yang Berkeadilan dan Bermartabat untuk Indonesia”.

Mubes Mama dijadwalkan berlangsung di Kota Ambon pada 25-26 November 2015. Tujuan dari acara ini adalah untuk mengakomodasi desakan kepada pemerintah pusat untuk memberikan kewenangan otonomi kepulauan.

Selain itu, juga akan menuntut adanya pengakuan pemerintah pusat terhadap Provinsi Kepulauan, Lumbung Ikan Nasional (LIN) yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Ambon pada 9 Juni 2012 dan PI 10 persen Blok Migas Marsela. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s