Program Mangente Ambon 2016 Bakal Lebih Seru


AMBON- Walikota Ambon Richard Louhenapessy memastikan program Mangente Ambon akan terus dilanjutkan di Tahun 2016. Sejauh ini, program tersebut berhasil menaikkan citra Kota Ambon sebagai salah satu destinasi wisata.

“Mangente Ambon itu sudah jadi ikon. Tahun depan kita akan kemas lagi acara-acara lebih seru dan menarik sebagai ajang promosi Kota Ambon,” kata Richard, seusai menerima penghargaan Adipura di Jakarta, medio pekan ini.

Tahun ini, menurut Richard, program mangente Ambon 2015 telah mendongkrak citra Kota Ambon di mata dunia. Orang tidak lagi sepele melihat Kota Ambon karena semua event yang digelar berlangsung aman, termasuk saat Ambon menjadi tuan rumah pelaksanaan Pesparawi Tahun 2015.

Bahkan, lanjut Richard, salah satu event program Mangente Ambon yakni Konser Glenn Fredly sangat luar biasa menarik. “Makanya, tahun depan kita akan kemas lagi event-event yang lebih menarik dalam tema besar Mangente Ambon,” timpalnya.

Sepanjang 2015 ini, kalender kegiatan Mangente Ambon berupa paket kunjungan wisata telah dimulai sejak Januari yakni pesta rakyat kunci Januari, dilanjutkan dengan kegiatan tahunan Anzac Day, pesta budaya timba laor, peringatan hari pahlawan nasional Pattimura, Darwin Ambon Yacht Race (DAYR), dan perayaan HUT ke-440 Kota Ambon yang diramaikan dengan kedatang Ruud Gulit serta pemain-pemain sepakbola Belanda keturunan Indonesia.

Selain itu, kegiatan berskala nasional seperti pertemuan Asosiasi Pemerintah Kota seluruh Indonesia (Apeksi), Indonesia City Expo, pagelaran seni budaya nusantara dan karnaval budaya serta Pesparawi tingkat nasional.

Mangente Ambon juga diisi sejumlah kegiatan festival. Seperti, karnaval budaya multi etnik, festival pukul sapu, perahu manggurebe, kuliner khas Ambon, festival racikan kopi tradisional daerah, dan gerak jalan Ambon.

Dalam website resmi Pemkot Kota ambon, Bulan Desember masih ada program Mangente Ambon yang digelar yakni Santa Claus Mangente Ambon. Namun, menurut Richard, hal itu sudah menjadi kegiatan rutin yang dilaksanakan sebagian warga Ambon yang beragama Kristen. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s