Wahid Samalo: Prestasi Mendunia, Beasiswa Kuliah dari Korea


SEORANG remaja Maluku yang tengah menimba ilmu di SMA Surya Buana, Malang, Jawa Timur, mencetak prestasi membanggakan yakni menciptakan alat pendeteksi kerusakan listrik. Dia adalah Wahid Hasyim Asyari Samalo. Berkat prestasinya, Wahid yang lahir di Ambon tahun 1999, sudah mengantongi tawaran beasiswa dari Korea University, Seoul.

Saat ini Wahid masih duduk di kelas X SMA Surya Buana. Namun prestasinya sudah mendunia dari hasil karyanya tersebut. Buktinya sejumlah medali emas, perak dan perunggu pernah dia raih di sejumlah negara. Di antarnya Thailand, Malaysia, Taiwan dan Kroasia.

Awalnya, siswa yang nyantri di Malang itu membuat alat yang bisa mendeteksi tegangan dan arus listrik untuk membantu ayahnya yang membuka usaha percetakan di rumah. Namun, ia berinovasi lagi untuk mengembangkan hasil ciptaannya itu. Saat duduk di bangku SMA, dia mulai merancang alat pendeteksi kerusakan listrik.

“Saya terinspirasi dari kerusakan listrik di rumah, kalau ada detektor kerusakan akan lebih praktis,” ungkap Wahid, seperti dilansir Malang Post, akhir pekan kemarin.

Alat pendeteksi listrik buatannya, pernah ingin dibeli tim dari Jepang. Namun dia menolak dengan alasan tunggu nanti diproduksi massal. ”Alatnya praktis, Jadi tinggal pasang colokannya, seperti pasang alat charger HP, disitu langsung bisa dilihat kerusakannya dimana,” terang dia.

Rencananya, bulan Desember 2015 mendatang ia akan kembali berlaga pada ajang internasional di Taiwan. Kali ini dia akan membawa alat baru yang telah dirancangnya, yaitu alat pendeteksi penyakit pada tubuh manusia.

Akan tetapi, alat baru ini masih belum sempurna karena belum menemukan pelindungnya, sehingga di Taiwan, karyanya akan dipresentasikan dalam bentuk flow chart. Ia berharap alat baru yang diciptakannya ini juga dapat diterima oleh masyarakat kelas internasional.

Selain itu pads bulan Agustus 2016 mendatang Wahid akan mengikuti pameran di Korea sekaligus mendaftarkan diri sebagai calon penerima beasiswa di Korea University. Ia ingin membuktikan pada dunia bahwa warga negara Indonesia juga dapat menciptakan inovasi dalam bidang-bidang tertentu. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s