Lahir Lagi Organisasi Orang Maluku KKBMM


JAKARTA- Masyarakat Maluku di Jakarta dan sekitarnya telah membentuk organisasi baru bernama Kerukunan Keluarga Besar Masyarakat Maluku (KKBMM) dan memilih Djamaludin Koedoeboen,SH,MH sebagai Ketua Umum, Selasa (2/12/2015).

Rencananya, KKBMM akan melakukan deklarasi dan pelantikan pengurus di Jakarta pada Januari 2016 dan akan membentuk pengurus daerah di semua provinsi di Indonesia.

Ketua Umum KKBMM, Djamaludin Koedoeboen menjelaskan, organisasi KKBMM lahir setelah sejumlah tokoh Maluku di Jakarta melakukan pertemuan sebanyak empat kali. Dari berbagai pertemuan tersebut, muncul rasa galau dan keprihatinan para tokoh terkait masa depan anak-anak Maluku yang ingin berpartisipasi dalam pembangunan nasional, khususnya Maluku.

Berbekal rasa keprihatinan itulah, KKBMM memiliki motivasi kuat untuk mengangkat derajat masyarakat Maluku di pentas pemerintahan, ekonomi, politik, dan berbagai bidang lainnya.

“Banyak orang Maluku yang cerdas, ada profesor, jenderal, politisi, pengusaha dan lain sebagainya namun belum diberi kesempatan berbuat maksimal untuk kepentingan pembangunan, khususnya demi memajukan masyarakat Maluku,” kata Djamaludin kepada satuMALUKU.com di Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Selama ini, ujar kandidat Doktor di Universitas Jayabaya Jakarta itu, para tokoh Maluku yang memiliki kompetensi di berbagai bidang juga belum terwadahi sehingga apa yang diperjuangkan belum terarah. Karena itu, KKBMM akan menjadi wadah bersatunya para tokoh intelektual untuk sama-sama memperjuangkan kepentingan orang Maluku di kancah nasional.

“Tentu dengan adanya wadah ini, perhatian untuk memperjuangkan kepentingan Maluku di berbagai bidang akan semakin terfokus dan memiliki kekuatan pendobrak,” ungkap Djamaludin.

Rencananya, dalam waktu dekat bersamaan dengan acara deklarasi KKBMM, akan dilaksanakan seminar nasional tentang Maluku. Saat ini pengurus pusat KKBMM sedang mengurus akta notaris dan hal-hal lain agar aspek legal organisasi ini terpenuhi di Kemenkum HAM maupun di Depdagri.

“Kami juga tengah melakukan sosialisasi agar nantinya, setelah deklarasi bisa dilanjutkan dengan pembentukan pimpinan-pimpinan daerah KKBMM di seluruh Indonesia,” timpalnya. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s