Tiap Bulan, Ditemukan 20 Pengidap HIV/AIDS Baru di Ambon


AMBON- Yayasan Pelangi Maluku merilis sebanyak 219 orang pengidap HIV/AIDS baru ditemukan di Kota Ambon dalam kurun waktu 10 bulan terakhir di tahun 2015. Itu berarti, setiap bulan rata-rata ada 20 pengidap HIV/AIDS baru yang teridentifikasi.

Direktur Yayasan Pelangi Maluku Rosa Pentury merinci dari jumlah 219 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) yang baru ditemukan di Ambon tersebut, 146 di antaranya, terdata pada periode pertama tahun 2015, yakni Januari – Juni. Sedangkan 73 ODHA lainnya ditemukan pada Juli – Oktober 2015.

Selama Januari – Oktober 2015, YPM mencatat sedikitnya ada 158 orang pelanggan wanita pekerja seks langsung (WPSL) yang terinfeksi HIV/AIDS. Jumlah itu jauh lebih kecil jika dibandingkan WPSL yang terinfeksi, hanya 26 orang.

Untuk wanita pekerja seks tidak langsung (WPSTL), sedikitnya ada 13 orang yang terdata, sedangkan pelanggannya yang telah terinfeksi mencapai 82 orang.

“Pasangan beresiko tinggi atau RISTI juga banyak, ada sekitar 258 orang, sedangkan pasangan pengguna narkoba suntik atau PENASUN sekitar 11 orang, untuk yang penasun ada 21 orang,” katanya kepada wartawan di Ambon, Senin (1/12/2015).

Dikatakannya, peningkatan kasus yang signifikan juga terlihat pada kasus homoseksual, sedikitnya ada 31 ODHA dengan jenis lelaki suka lelaki (LSL) pada Januari – Juni, jumlah itu meningkat menjadi 37 kasus hingga akhir Oktober.

“Waria yang terinfeksi pada periode pertama ada 10 orang, jumhnya meningkat hingga 15 orang hingga Oktober,” jelasnya.

Dengan adanya pertambahan yang tinggi setiap bulan, maka Yayasan Pelangi Maluku juga mencatat hingga Oktober 2015, jumlah orang yang terinfeksi HIV/AIDS di Kota Ambon sudah berjumlah 703 orang. (*)

One thought on “Tiap Bulan, Ditemukan 20 Pengidap HIV/AIDS Baru di Ambon

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s