Ina Hati Tuang, “Dewi Ibu” Ala Orang Ambon


Dalam pergaulan sehari-hari, tak jarang kita mendengar ungkapan Ina Hati Tuang. Itulah ungkapan tradisional yang melekat pada setiap anak-anak Maluku, khususnya di Maluku Tengah.

Ungkapan yang memiliki makna pendewaan terhadap seorang perempuan ini dapat menggetarkan hati nurani setiap orang-orang Ambon yang kebetulan mendengarnya.

Ina hati tuang, ungkapan penghormatan bagi seorang ibu/perempuan (mama), yang mengisyaratkan begitu halusnya, begitu dekatnya, begitu sayang dan rasa cinta kepada seorang ibu (perempuan).

Ungkapan orang-orang Ambon ini sebagai dukungan moral bagi seorang ibu/perempuan, terkesan penghormatan terhadap rahim yang melahirkannya.

Ina identik dengan rahim, sebagai penampung embrio yang dijaga, dipelihara, sampai pada proses melahirkan. Rahim Ina dianggap suci, sakral, sebagai rumah tempat berlindung, ada tali pusa (pusar) yang menghubungkan enegi ibu dengan calon bayi/anak.

Ina suatu “perjuangan”, mempertahankan hidup dan mati, ketika mengandung selama dalam rahim, melahirkan, membesarkan (merawat, memberi makan, mendidik dan menyalurkan perasaan cinta) kepada kita.

Ina bagi orang Ambon, dapat juga diartikan sebagai tempat kelahiran (negeri, dusun/kampong), sebagai wilayah/tanah yang memberinya makan dan minum, sehingga muncul ungkapan “Tanah Air Beta, Tanah Tumpah Darah”, selain itu juga dapat diartikan sebagai tanah pusaka, tanah putus pusa (pusar).

Masih ingat kita pada lagu “Oh Maluku tampa beta putus pusa (Maluku Tanah Tumpah Darah); ini mengartikan sebuah pengakuan tempat kelahiran sekaligus Ina/ibu yang melahirkan kita.

Lalu Bagaimanakah seorang Ina ala orang-orang Ambon dan atau perempuan di mata manusia di dunia? Tulisan M.M.Patipeilohy, S.Sos ini patut dibaca sebagai sebuah perenungan. (*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s