Proses Hukum Kasus “Candaan Bom” Dinilai Janggal


JAKARTA- Keluarga Hon Hendrik Russel, penumpang pesawat Wings Air tujuan Ambon – Langgur yang menjadi tersangka dan ditahan aparat kepolisian 2 Desember lalu, menyesalkan proses hukum yang sedang dilakukan.

Mereka menduga adanya praktik diskriminasi dalam perlakuan hukum terhadap Hendrik oleh Polres Pulau Ambon dan Pulau-Pulau Lease.

“Kami keluarga dari Hon Hendrik Russel merasa janggal dengan penahanan yang dilakukan terhadap saudara kami,” kata Julius Russel, adik kandung Hon Hendrik Russel, Senin (7/12/2015).

Menurut Julius, sebelum candaan bom yang dilakukan kakaknya, juga terjadi peristiwa yang sama pada 26 November 2015 di pesawat Batik Air tujuan Jakarta yang lepas landas dari Bandara Pattimura Ambon.

Saat itu, anak dari anggota DPD RI Nono Sampono juga melakukan candaan yang sama, bahkan diturunkan dari pesawat Batik Air, namun tidak ada proses hukum terhadap dirinya (baca berita spektrummaluku.com Nono Sampono Minta Maaf). Nono Sampono sendiri diketahui sebagai pensiunan jenderal bintang tiga dan mantan Danjen Marinir.

“Pertanyaan yang muncul dalam pikiran kami, mengapa dua kasus yang sama namun beda perlakuan terhadap keduanya,” timpal pria asal Maluku Tenggara itu.

Terkait proses hukum yang tengah dijalani kakaknya, Julius mengatakan, keluarganya akan melakukan upaya hukum untuk mendapatkan jawaban yang pasti dari perlakukan yang berbeda oleh Polres Ambon dan Pulau Pulau Lease.

Dia juga menyampaikan permintaan maaf kepada para penumpang karena akibat candaan kakaknya, yang mengakibatkan penerbangan tujuan Ambon – Langgur 2 Desember lalu sempat terganggu beberapa jam. Permohonan maaf juga dia dia tujukan kepada pilot, pramugari, maskapai penerbangan Wings Air, dan petugas keamanan Bandara Pattimura.

“Semoga kejadian ini dapat dijadikan pelajaran bagi kita semua. Marilah kita bersama-sama mematuhi aturan-aturan hukum yang berlaku,” ungkapnya. (petra josua)

2 thoughts on “Proses Hukum Kasus “Candaan Bom” Dinilai Janggal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s