Kohu-Kohu, Urap Maluku


Chef berdarah Maluku Bara Pattiradjawane sangat fanatik dengan makanan khas Maluku. Salah satu andalannya adalah Kohu-Kohu atau Urap Maluku.

Awal Desember kemarin, Bara Pattiradjawane geregetan juga saat orang hanya tahu papeda sebagai masakan dari daerah Maluku. Pembawa acara masakan Gula-Gula, Bara Supercook, dan Dare to Cook with Bara lantas inisiatif sendiri memperkenalkan masakan dari tanah leluhurnya itu.

Dalam acara Cooking Experience yang digelar Spice It Up! Indonesia di Jakarta, Selasa (1/12), ia mengajak peserta untuk memasak kohu- kohu, masakan sehat dan sederhana dari Maluku.

Kohu-kohu mirip, atau bahkan sejenis, dengan urap. Yakni, beberapa sayuran rebus atau kukus yang dicampur dengan kelapa parut berbumbu. Sayuran yang biasa digunakan adalah kacang panjang dan buncis, terkadang ada kangkung dan bayam.

Biasanya, banyak orang menambahkan daun aromatik kemangi sebagai penyedap.

Urap di Jawa terkadang dibubuhi pula suwiran daging ayam. Masakan sejenis urap juga ditemukan di Sumatra Utara yang dikenal sebagai anyang. Sayur yang kerap dipakai adalah daun pakis.

Kohu-kohu menunjukkan kekhasannya sebagai masakan Maluku. “Ada suwiran ikan asar (ikan asap) yang dicampur sebagai bahannya,” ujar Bara.

Ikan asap ini adalah ikan tongkol atau ikan cakalang yang diasap dengan sabut kelapa sebagai cara pengawetannya. Di Maluku, sayur bercita rasa asam, gurih, dan segar ini biasanya disuguhkan dengan kasbi (singkong rebus/kukus).

Sebelum disantap, kohu-kohu terlebih dahulu diberi perasan air jeruk lemon cui agar ada rasa asam segar yang khas.

Masyarakat Ambon menjadikan kohu-kohu sebagai makanan sehari-hari.
“Mereka di Ambon bikin kohu-kohu jadi makanan keseharian, baik itu untuk dikonsumsi sekeluarga atau untuk acara perayaan besar seperti pesta pernikahan atau syukuran,” jelasnya.(*)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s