Dicopot, Kajati Maluku Gugat SK Jaksa Agung


JAKARTA- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Maluku Chuck Suryosumpeno memprotes Surat Keputusan Jaksa Agung HM Prasetyo tanggal 18 November 2015 yang menjatuhkan hukuman disiplin berat berupa pembebasan dari jabatan struktural.

Chuck mengajukan gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) sebagai bentuk penolakan terhadap keputusan tersebut lantaran hak banding dan jawab terhadap putusan sanksi tersebut tidak diberikan.

SK tanggal 18 November 2015 tersebut antara lain muncul dengan sejumlah tuduhan dalam kapasitas Chuck sebagai Ketua Satgassus Penyelesaian Barang Rampasan dan Barang Sita Eksekusi. Selain itu, Jaksa Agung dikabarkan sudah mengeluarkan SK pergantian Chuck sebagai Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku.

Tentang ketidakpuasan Chuck atas pencopotannya ini terungkap dari berita yang dirilis Indopos.co.id dan okezone.com, 9 Desember, kemarin. Kedua media itu memberitakan tentang adanya dukungan atas tindakan Chuck yang menggugat jaksa agung dari Komisi Kejaksaan RI Indro Sugianto dan Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis.

Chuck dilantik sebagai Kajati Maluku, pada 3 Maret 2015 lalu oleh Jaksa Agung HM Prasetyo di sasana Baharuddin Lopa, Kejaksaan Agung, bersamaan dengan sejumlah pejabat eselon 2.

Dari data yang dimiliki satumaluku.com diketahui, SK pencopotan Chuck diterbitkan Jaksa Agung HM Prasetyo bersamaan saat Chuck sedang berada di Mersaille, Prancis. Saat itu, dia ikut dalam rombongan Gubernur Maluku Said Assagaf yang melawat ke Mersaille pada 16 – 20 November.

Gubernur Maluku sendiri setibanya di Indonesia selain membeber kesepakatan yang dibuat dengan pengusaha Marseille tentang ekspor 10.000 ton ikan tiap tahun juga memuji Chuck yang ikut dalam rombongan. Dia menyebut Chuck sebagai tokoh penting dibalik minat pengusaha Marseille melakukan kerjasama perdagangan dengan Provinsi Maluku.

“Alhamdulillah, mereka (investor) bisa langsung tertarik setelah yakin pada kepastian penegakan hukum yang dipresentasikan Kajati Maluku,” kata Gubernur Said saat itu.  (avp)

2 thoughts on “Dicopot, Kajati Maluku Gugat SK Jaksa Agung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s