20 Desember, Tak Boleh Ada Pemadaman di Tual dan Malra


AMBON- Pimpinan DPRD Kabupaten Maluku Tenggara, kemarin, melakukan pertemuan khusus dengan pimpinan wilayah PT PLN (Persero) Maluku dan Maluku Utara, di Ambon.

Hasilnya, kedua pihak sepakat sebelum 20 Desember, pemadaman lsitrik secara bergilir di Kota Tual dan Maluku Tenggara (Kei Besar) tidak akan terjadi lagi.

“Mereka (PLN) sudah pastikan 2 mesin pembangkit PLN dalam perjalanan kapal laut ke Tual. Jadi sudah disepakati masalah pemadaman bergilir sudah akan selesai sebelum 20 Desember 2015 nanti,” kata Wakil Ketua DPRD Malra Utha Safsubun kepada satumaluku.com, Senin (14/12/2015).

Pimpinan DPRD Kabupaten Malra yang menemui pimpinan PLN Wilayah MMU adalah Ketua DPRD S. Thadeus Welerubun dan Wakil Ketua DPRD Malra Utha Safsubun. Sedangkan dari pihak PLN MMU hadir Manager Teknik Usman Bangun, DM Perencanaan Wilayah Teguh, dan DM Distribusi Sugiono.

Pada kesempatan tersebut, Pimpinan DPRD Malra juga sudah meminta penghentian pemutusan jaringan listrik di rumah-rumah masyarakat di Kei Besar yang sementara dilakukan PLN setempat. Pertimbangannya, sebentar lagi masyarakat akan merayakan Natal dan pelayanan PLN sendiri belum maksimal sesuai amanat UU Kelistrikan. Itu juga sudah disepakati.

Menurut Safsubun, kedatangan pimpinan DPRD Malra ke kantor wilayah PLN MMU ini merupakan kali kedua. Sebelumnya, dilaksanakan menjelang Idul Fitri lalu. Saat itu, GM PLN Wilayah MMU merealisasikan dua mesin pembangkit listrik sehingga surplus. Namun dalam perjalanannya, sudah dua bulan terakhir ini, pemadaman listrik dilakukan, bahkan makin krisis.

“Makanya, kami juga mendesak agar pihak PLN memperhatikan soal spare parts dari dua mesin baru yang mereka kirim ini. Jangan sampai mesinnya menggunakan spare parts abal-abal atau KW,” timpalnya.

Soal kontraktor yang menjadi mitra kerja dan kinerja Kepala PLN Tual dan Malra juga sempat menjadi pembahasan. Sebab, DPRD Malra menilai kinerja kontraktor maupun kepala cabang PLN di Tual dan Malra saat ini tidak kredibel.

“Pimpinan PLN Wilayah sudah sepakat akan memperhatikan masukan dari DPRD,” ujar Safsubun. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s