Polisi akan Panggil Paksa Istri Sultan Ternate


TERNATE- Polda Maluku Utara (Malut) akan memanggil paksa istri mendiang Sultan Ternate, Nita Budi Susanti (NBS), yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan pemalsuan identitas putra kembarnya.

“Kami tidak akan hentikan kasus yang diduga melibatkan istri Sultan Ternate, meskipun ada desakan agar kasus tersebut dihentikan,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Maluku Utara Kombes Dian Hariyanto, Jumat (11/12/2015).

Dia menegaskan, polisi tetap memproses kasus tersebut hingga tingkat pengadilan. Kalau mau melakukan perlawanan, kata Dian, nanti di pengadilan saja.

Menurutnya, polisi akan melayangkan surat panggilan kedua yang disertai perintah membawa NBS. Jika yang bersangkutan sedang berada di Jakarta, penyidik akan berangkat ke sana agar tersangka dibawa ke Ternate.

“Kami akan panggil secara paksa karena berkaitan dengan kepentingan penyidik untuk proses tahap II ke Kajati Malut,” jelas Dian.

NBS ditetapkan sebagai tersangka atas pemalsuan dokumen kependudukan yakni terhadap kedua anaknya. NBS dijerat dengan pasal Undang-Undang Nomor 71 Tahun 2007 tentang Perdagangan Orang dan UU Nomor 23 Tahun 2006 tentang pemalsuan identitas dengan ancaman enam tahun penjara. (abp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s