Lagi, Dokter Internship Meninggal di Maluku


AMBON- Satu lagi dokter muda yang sedang menjalani program internship di Dobo, Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku, meninggal dunia yakni Afrianda Naufan (Nanda).

Dokter asal Kota Langsa, Aceh, itu meninggal setelah sempat koma beberapa saat akibat terserang demam dan dehidrasi.

Saat sakit, Dokter Nanda dievakuasi ke RSUD di Ambon dalam keadaan koma. Selasa (15/12/2015) malam, kondisinya terus memburuk hingga akhirnya tidak bisa tertolong lagi.

Dengan meninggalnya Dokter Nanda, berarti sudah dua dokter muda yang menjalani program internship di Dobo, Aru meninggal dalam tugas. Sebelumnya, pada 11 November lalu, Dokter Donisius Giri Samudra (Andra) juga meninggal dunia karena sakit. Hanya bedanya, Dokter Nanda sempat dievakuasi ke RSUD Ambon, sedangkan Dokter Andra tidak bisa dievakuasi karena keterbatasan transportasi.

Kematian Dr Nanda membangkitkan lagi solidaritas sesama dokter. Di berbagai media sosial mereka menyampaikan ucapan bela sungkawa dan meng-upload foto Dokter Nanda. 

Para dokter yang berbela sungkawa itu juga meminta perhatian pemerintah agar memperhatikan nasib dokter-dokter internship di berbagai daerah terpencil. Dokter internship, adalah dokter yang telah diangkat sumpahnya dan bertugas di daerah terpencil dengan pesangon Rp2,5 juta per bulan sebelum dipotong pajak. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s