Antisipasi Arus Mudik, Pelni Siapkan 2 Kapal Tambahan


AMBON- Menghadapi arus mudik di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon jelang Natal dan Tahun Baru, PT Pelni menyiagakan dua kapal tambahan.

“Dua kapal yang disiagakan selama bulan desember 2015 yakni KM Ciremai dan KM Dobonsolo sehingga total kapal yang beroperasi menjelang Natal dan tahun baru sebanyak sembilan kapal,” kata General Manajer PT Pelni Ambon, Siswandi, Rabu.

Menurut dia, selama ini jumlah kapal yang masuk ke kota Ambon sebanyak tujuh kapal dengan frekuensi setiap kapal delapan kali dan kunjungan di pelabuhan Ambon Pulang pergi 32 kali, ditambah dua kapal bantuan untuk membantu proses mudik masyarakat dari dan ke Ambon.

“Dengan tambahan dua kapal dipastikan masyarakat yang akan melakukan perjalanan mudik dapat menggunakan jasa pelayanan PT Pelni,” katanya.

Siswandi menyatakan, arus penumpang masuk ke pelabuhan Yos Sudarso Ambon diperkirakan akan terjadi pada tanggal 17 Desember menggunakan KM ciremai dari Papua Jayapura, Manokwari, Sorong dan Ambon.

Sedangkan untuk tanggal 24 Desember jumlah penumpang yang turun maupun naik ke KM Dobonsolo dari Papua menuju Bau-Bau kemungkinan berkurang peningkatan penumpang karena telah mendekati Natal.

Ia mengakui, peningkatan penumpang turun maupun naik telah terjadi pada KM Tidar pada 12 Desember dari Dobo, Tual dan Fak-Fak dengan jumlah penumpang 1.323.

Selain itu, KM Gunung Dempo pada 13 Desember sebanyak 1.527, KM Ngapulu dari Papua jumlah penumpang turun sebanyak 1.253. Antisipasi dilakukan pihaknya adalah melakukan deviasi kapal, yakni kapal rute dari Sorong ke Makassar dialihkan ke Ambon untuk KM Ciremai dan Dobonsolo.

“Sedangkan arus balik dipastikan akan terjadi peningkatan pada KM Tidar tanggal 3 Januari tujuan Dobo dan Fak-Fak, KM Ngapulu dengan tujuan sama, KM Dobonsolo pada 1 Januari tujuan papua dan KM ciremai tanggl 8 Januari tujuan papua,” katanya.

Siswandi menambahkan, penambahan dua kapal menmbantu proses pembenahan dan doking kapal tahunan yang dilakukan bertepatan dengan bulan Desember.

Sumber : Antara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s