Hidup Orang Basudara Ada di Christmas Carol 2015


PANGGUNG Christmas Carol 2015 di Kota Ambon, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya mencerminkan rasa persaudaraan orang Maluku yang sesungguhnya.

Tak hanya masyarakat Maluku beragama Kristen saja yang tampil penuh sukacita di event ini, tapi juga masyarakat Maluku yang beragama Islam dan Hindu serta Budha.

Pada Senin malam (21/12/2015), empat penari dari komunitas Hindu Bali di Ambon mendapat giliran menari di panggung Christmas Carol 2015. Selain itu tampil juga Sanggar Tifa Siwalima, yang merupakan kolaborasi artis Salam Sarani (Islam Kristen) yg berjuang wujudkan perdamaian sejak 1999.

Sedangkan pada Selasa malam (22/12/2012), giliran sembilan musisi dan enam penari Muslim dari sanggar Kayla. Sensasi rebana, tarian santun dan vokal merdu Nurul Toisutta menghadirkan kesenian Islam yang indah di Christmas Carol 2015.

Pada hari pertama, Wakil Walikota Ambon Sam Latuconsina, juga tak segan-segan berdiri di pinggir jalan menyaksikan berbagai atraksi di Christmas Carol.

Dia membaur bersama masyarakat Kota Ambon lainnya. Pada kesempatan tersebut, Sam Latuconsina mengatakan, kota yang diimpikan adalah seperti yg ditampilkan pada malam Christmas Carol.

Sisi lain yang menarik dari event ini, adalah banyaknya komunitas di Ambon yang terus meng-upload penampilan peserta di facebook, twitter, instagram dan lain-lain.

Mereka yang aktif mengabarkan event ini lewat media sosial di antaranya Komunitas Ambon Bergerak, Komunitas Maluku Satu Darah, Marcio Eliano Marthino Latupeirissa, juga jurnalis dan budayawan Maluku Rudi Fofid, dan sejumlah masyarakat Ambon lainnya.

Hal ini semakin membuat acara Christmas Carol 2015, bisa disaksikan masyarakat Maluku dimanapun berada.

(naskah petra josua/foto-foto oleh rudi fofid)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s