Belum Sah ke Kota Ambon, Jika Belum Selfie di 9 Lokasi Ini


KOTA Ambon yang eksotik selalu memberikan kenangan indah bagi mereka yang mengunjunginya. Namun, kunjungan ke Ambon “belum sah”, jika belum selfie di sejumlah lokasi yang saat ini menjadi icon ibukota Provinsi Maluku itu.

Dimana saja lokasi “wajib selfie” jika berkunjung ke Ambon? Berikut 9 lokasi yang menjadi Icon Kota Ambon : 

1. Pattimura Park

Pattimura Park diresmikan Tahun 2008, terletak di pusat Kota Ambon menyatu dengan Lapangan Merdeka. Di lokasi seluas 11.000 meter persegi itu, berdiri patung pahlawan nasional asal Maluku, Pattimura.

Tak jauh dari Patung Pattimura, terdapat banner besar bertuliskan Ambon Manise. Ini merupakan salah satu spot favorit untuk selfie karena paling mudah dijangkau. Biasanya para wisatawan maupun warga setempat berfoto patung Pattimura atau di depan banner Ambon manise dengan background patung Pattimura.

2. Monumen Gong Perdamaian

Letak monumen Gong Perdamaian Dunia, berdekatan dengan Pattimura Park. Lokasi ini juga merupakan favorit bagi warga maupun wisatawan yang ingin selfie. Monumen Gong Perdamaian bagi warga Ambon memiliki nilai plus sebagai simbol perdamaian antarmasyarakat. Dulunya lokasi monumen ini adalah terminal angkutan umum.

3. Benteng Neuw Victoria

Benteng Neuw Victoria merupakan icon kota Ambon paling tua karena kehadirannya menjadi cikal bakal terbentuknya Kota Ambon. Saat ini, benteng Neuw Victoria menjadi markas komando Yonif 733 Para BS/Kodam Pattimura. Makanya gerbang benteng yang menghadap Pattimura Park dan yang menghadap ke laut, selalu dijaga aparat TNI.

Kendati merupakan markas tentara, namun banyak warga dan wisatawan yang berselfie ria di depan gerbang benteng. Bahkan terkadang mereka selfie dengan para anggota TNI yang bertugas menjaga pintu masuk benteng.

4. Monumen Martha Christina Tiahahu

Monumen Martha Christina Tiahahu didirikan sebagai penghormatan atas jasa kepahlawanannya saat melawan penjajah Belanda. Monumen ini terletak di dataran tinggi Kota Ambon, yakni Karang Panjang. Monumen Martha Christina memilik banyak spot bagus untuk selfie. Apalagi, jika berada di monumen tersebut, maka view Kota Ambon bisa terlihat secara jelas dari ketinggian.

5. Ambon City of Music

Banner besar bertuliskan Ambon City of Music terletak di Hatiwe Besar, tak jauh dari Bandara Pattimura, Laha. Lokasi ini bisa menjadi pilihan pertama lokasi selfie jika baru pertama kali menjejakkan kaki di Kota Ambon, karena letaknya di pinggir jalan. Dari lokasi ini juga bisa dilakukan pengambilan gambar Kota Ambon yang berada di seberang laut.

6. Monumen Johannes “Om Jo” Leimena

Monumen pahlawan nasional Johannes Leimena terletak di Poka, tak jauh dari lokasi banner Ambon City of Music. Monumen ini merupakan ujung jalan dari jembatan merah putih arah ke poka yang sedang dalam penyelesaian.

Di sini, warga dan wisatawan bisa meluangkan waktu untuk berselfie sebelum menuju Kota Ambon, baik lewat kapal feri maupun kendaraan yang menempuh jalan memutar.

7. Jembatan Merah Putih

Jembatan merah putih merupakan icon terbaru Kota Ambon. Jembatan sepanjang lebih dari 1 kilometer ini membelah laut teluk Baguala dan menghubungkan Poka dan Galala.

Di lokasi ini, aksi selfie akan menarik jika diizinkan memotret di atas jembatan, sebab bisa melakukan selfie dengan bacground yang indah. Namun, kalau memang izin tidak diberikan, berfoto di ujung jembatan, juga sudah merupakan kenang-kenangan tersendiri karena memang, jembatan merah putih menjadi icon Kota Ambon paling mutakhir dan unik.

8. Pantai Pintu Kota

Pantai Pintu Kota terletak di Airlouw, sekitar 45 menit jika berkendara dari pusat kota. Lokasi pantainya, dipenuhi karang, makanya sering dimanfaatkan oleh para penggemar snorkling dan diving untuk menikmati keindahan bawah laut.

Yang menarik, ada karang yang menjorok ke laut, namun di tengahnya terdapat lubang cukup besar berbentuk pintu. Basanya, disini warga dan para wisatawan melakukan selfie dengan background karang berlobang yang berbentuk pintu tersebut.

9. Pantai Natsepa

Sebenarnya, pantai Natsepa tidak masuk dalam wilayah Kota Ambon. Pantai ini berada dalam wilayah Kabupaten Maluku Tengah. Namun, karena lokasinya yang menempel dengan Kota Ambon, membuat Pantai Natsepa relatif mudah dijangkau secara cepat.

Selfie di pantai Natsepa punya nilai plus. Selain pantai yang indah, juga bisa menikmati salah satu icon kuliner di Ambon, yakni Rujak Natsepa.
(Penulis: Petra Josua Hetharia)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s