JMP Galala-Poka Baru Bisa Difungsikan Pertengahan Februari 2016


KEMENTERIAN Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berusaha merampungkan pembangunan Jembatan Merah Putih (JMP) Galala-Poka secepatnya. Rencananya, baru pada pertengahan Februari 2016, JMP Galala-Poka difungsikan untuk lalulintas kendaraan dari Galala menuju Poka atau sebaliknya.

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono, Jumat (1/1/2016), menjelaskan pembangunan jembatan baru akan selesai dibangun pada akhir Januari 2016 nanti.

“Meski pekerjaan mundur tidak akan berpengaruh pada pendanaan. Kami akan berupaya agar proyek JMP Galala-Poka dapat rampung akhir Januari 2016 dan pada pertengahan Februari bisa beroperasi,” ujarnya.

Menurut Basuki, total biaya pembangunan jembatan yang dimulai sejak 17 Juli 2011 mencapai Rp772,9 miliar. Dana tersebut termasuk biaya untuk pembangunan bangunan pelengkap yaitu underpass Jalan Sudirman sebagai tempat berputar kendaraan yang dari dan menuju ke JMP Galala-Poka.

Dia juga mengkonfirmasikan pembangunan sempat terkendala karena gempa bumi pada 29 Desember 2015 lalu. Akibat gempa, telah terjadi pergeseran pada deck jembatan di bentang tengah sepanjang 9 cm. Dengan demikian, pekerjaan penyambungan segmen akhir menjadi tertunda sekitar 1-2 minggu.

“Saya juga meminta pihak kontraktor agar tetap menjaga prinsip kehati-hatian dalam menangani proyek tersebut,” timpalnya. (avp)

One thought on “JMP Galala-Poka Baru Bisa Difungsikan Pertengahan Februari 2016

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s