Kewang Difungsikan Lagi Jaga Kota Ambon


SETELAH terkendala masalah insentif, tahun 2016 ini Kewang akan diaktifikan kembali untuk menjaga kearifan lokal dan kebersihan Kota Ambon.

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy telah memastikan anggaran untuk mendukung tugas Kewang sudah disiapkan. Dengan demikian, nantinya tidak akan ada lagi masalah seperti yang terjadi sebelumnya, di mana kendala operasional Kewang lebih karena masalah budget.

Nantinya Kewang akan ditempatkan pada lokasi yang telah ditentukan yakni pada kantor pemerintahan maupun lokasi atau gedung yang merupakan aset Kota Ambon.

Menurut Richard keberadaan Kewang di Kota Ambon, sudah banyak membantu Pemkot Ambon. Sebab Kewang bisa memberikan pengarahan kepada warga masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya.

Kewang merupakan kearifan lokal masyarakat di Maluku. Sebagai negeri adat, sudah sepatutnya kewang diimplementasikan oleh Pemkot Kota Ambon. (avp)

4 thoughts on “Kewang Difungsikan Lagi Jaga Kota Ambon

  1. Ops! Kewang itu salah 1 bag dr pemerintahan negeri (adat). Di mana Raja Negeri ada di puncak kekuasaan. Memberdayakan Kewang tanpa meletakkannya dlm konteks Pemerintahan Negeri, sama jga kta tak hargai adat sendiri. Coba cek tulisan2nya Pak Ayawaila. Google: 14a ambon berduka; G: 67a kita tidak mendukung

    Like

  2. Memaknai adat dlm kekinian, hemat kami justru harus dipahami & malah lakoni adat secara “utuh” di negeri masing2. Pdhal dr 1 negeri ke negeri lain “kadar kekentalan adat” tidak merata bahkan bukan tdk mungkin mayoritas sdh “mencair”. Di titik ini regulasi negara sangat berperan. UU6/2014 bukan UU 19/1965 Ttng Desapraja yg berpihak pd adat

    Like

  3. Jadi? Mungkin saran Dr Hanif Nurcholis atas UU 6/2014 di mana pemerintahan desa di UU ini disebutnya “unit pemerintahan palsu”, bisa coba direspons oleh Pak Wali dalam konteks pemerintahan negeri dg greget Desapraja tsb. Kami yakin bnyk kok jauhari2 di kota Ambon yg msh piawai u diajak kerja sama di era 3sakti-J2K ini.

    Like

  4. Ayo Pak Wali, Bung Richard, masa orang Ambon seng ada yg bisa “klotokan” kaya Bang Ahok semasa di Babel & kini di DKI. Masa Prov tertua satu ini belum keluar2 juga dari 5 besar prov trmiskin RI… move on Bung … Semoga .. danke

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s