8 dan 11 Januari, MK Sidang Perkara 4 Pilkada di Maluku


MAHKAMAH Konstitusi (MK) akan mulai menyidangkan perkara perselisihan hasil pilkada (PHP), pada Kamis (7/1/2016).  Untuk kasus pilkada di Maluku, akan disidang pada tanggal 8 dan 11 Januari 2016.

Adapun empat pilkada di Maluku yang akan diperiksa dalam sidang pendahuluan MK yakni Pilkada Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Aru, dan Maluku Barat Daya.

Juru bicara MK Fajar Laksono, Rabu (6/1/2016) menjelaskan sidang akan digelar tiga hari yakni tanggal 7, 8 dan 11 Januari dengan agenda pemeriksaan pendahuluan.

Data jadwal sidang yang dilansir website resmi MK menunjukkan jadwal sidang PHP Pilkada kabupaten Buru Selatan digelar pada 8 Januari 2016 pukul 19.00 WIB dengan pemohon Rivai Fatsey,SSTP,MPA dan Drs.Anthonius Lesnussa,MM.

Sidang pendahuluan Pilkada kabupaten Maluku Barat Daya juga dilaksanakan pada tanggal 8 Januari juga pada pukul 19.00 WIB dengan dua pemohon yakni pasangan Simon Moshe Maahury dan Kimdevits Berthi Marcus,SH dan pasangan Nikolas Johan KiliKily S.Th dan Drs.Johannis Hendrik Frans.

Sementara untuk sidang pendahuluan Pilkada kabupaten Seram Bagian Timur dan Kepulauan Aru akan dilaksanakan pada 11 Januari 2016, jam 08.30 WIB. Pilkada SBT digugat oleh Siti U Suruwaky dan Syarifudin Goo, sedangkan Pilkada Aru digugat oleh pasangan Obed Barends, B. Sc, S.Sos, M.Si dan Eliza Lasarus Darakay, S.Ag.

Menurut Ketua MK Arief Hidayat, pada sidang pendahuluan pemohon akan diminta untuk menyampaikan permohonan secara lisan.
Kemudian pada 12 sampai 14 Januari, pihak termohon dan terkait diberikan kesempatan untuk menyampaikan bantahan, keterangan serta jawabannya atas permohonan pemohon.

“KPU menyampaikan, pasangan yang digugat juga bisa menyampaikan kalau dia mau. Bisa saja hanya KPU yang menyampaikan keterangan,” kata Arief.

Setelah itu, akan diadakan rapat permusyawaratan hakim pada 15 Januari. Pada rapat tersebut, dari 147 perkara akan dipilah mana yang akan dilanjutkan dan mana yang akan didismissal.

Sementara itu, tahap selanjutnya adalah melakukan rapat-rapat internal untuk finalisasi. Berikutnya, akan dilakukan sidang pleno dimana MK akan mengundang seluruh pihak untuk mengumumkan terkait putusan dismissal.

“Jadi, sudah diketahui oleh publik pada tanggal 18 Januari, perkara jni diteruskan atau berhenti sampai situ,” imbuh Arief.

Arief menambahkan, persidangan perkara akan terus dilakukan hingga 7 Maret. Namun, tak menutup kemungkinan proses persidangan dapat diselesaikan sebelum tanggal tersebut. (mario aldi)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s