Belanda Jajaki Kerjasama, Pelabuhan Eri Butuh Pengembangan


BERBEDA dengan Pemerintah Provinsi Maluku yang memilih pengusaha Mersaille, Prancis, untuk kerjasama perikanan , Pemerintah Kota Ambon justru didatangi Tim Kedutaan Belanda untuk mendata potensi kerjasama perikanan.

Salah satu objek perikanan yang ditawarkan Pemkot Ambon untuk kerjasama adalah Pelabuhan Pendaratan Ikan (PPI) di Eri, Kecamatan Nusaniwe.

Kunjungan tim Kedubes Belanda ke Kota Ambon, Selasa, (5/1/2016), dipimpin Senior Economy Politicy Advisor Kedutaan Besar Belanda Peter A Halim. Kedatangan Peter A. Halim merupakantindak lanjut kunjungan Duta Besar Belanda Untuk Indonesia Rob Swartbol di Kota Ambon November 2015.

“Potensi perikanan Maluku yang sangat menjanjikan membuat kami melakukan penjajakan guna melakukan kerja sama di sektor perikanan dan logistik di kota Ambon sebagai pintu masuk ke Provinsi Maluku,” ujarnya di Balai Kota Ambon.

Dia juga menegaskan, Dubes Row Swartbol tertarik dengan potensi alam khususnya perikanan dan pertanian di Maluku. Makanya, dalam kunjungan kali ini, mereka akan mendata potensi dan menyampaikan kepada kedutaan guna tindak lanjut kerja sama.

“Kunjungan ini, akan dimanfaatkan untuk menggali potensi sumber daya perikanan, infrastruktur penunjang dan proses ekspor perikanan,” timpalnya, dilansir Antara Selasa (05/1/2016).

Wakil Wali Kota Ambon Sam Latuconsina berharap dengan kunjungan yang dilakukan pihak Kedubes Belanda ke depan dapat ditindaklanjuti dengan pengembangan pelabuhan pendaratan ikan (PPI) di Eri, Kecamatan Nusaniwe.

Saat ini, kendala yang dihadapi dalan pengembangan PPI yakni area yang terbatas sehingga dilakukan proses reklamasi ke arah pantai, selain itu keterbatasan dalam pembangunan fasilitas pendukung yakni ruang pendingin (cold storage) dan pengembangan ikan pascatangkap.

Ditambahkan, kerja sama dengan pemerintah Belanda telah berlangsung sejak lama di sejumlah bidang. “Penjajakan yang dilakukan merupakan peluang besar untuk kedepan dapat dilaksanakan kerjasama yang nyata,” katanya. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s