Senin, Sidang Sengketa Pilkada Aru dan Seram Bagian Timur


MAHKAMAH Konstitusi telah menjadwalkan sidang sengketa Pilkada Kabupaten Aru dan Kabupaten Seram Bagian Timur dilaksanakan pada Senin (11/1/2016).

Sedangkan lanjutan sidang sengketa Pilkada Kabupaten Buru Selatan dan Kabupaten Maluku Barat Daya akan dilaksanakan pada 13 Januari 2016.

Rilis Mahkamah Konstitusi menjelaskan sengketa pilkada Kabupaten Aru didasarkan atas permohononan pasangan Obed Barends dan Eliza Lasarus Darakay. Sedangkan sengketa pilkada Kabupaten Seram Bagian Timur didasarkan atas permohonan Siti U. Suruwaky dan Syarifudin Goo.

Untuk sidang sengketa Pilkada Aru dan Pilkada Seram Bagian Timur baru pada tahapan pemeriksaan pendahuluan dengan mendengarkan dalil dari pemohon. Sedangkan untuk perkara sengketa pilkada Buru Selatan dan Maluku Barat Daya, akan dilanjutkan dengan tanggapan termohon dalam hal ini pihak KPUD Buru Selatan dan KPUD Maluku Barat Daya, serta pihak terkait dalam hal ini pasangan calon Tagop Soulisa dan Ayub Saleky serta pasangan Barnabas Orno – Benyamin Thomas.

Rencananya, pada 18 Januari MK sudah akan membuat keputusan apakah perkara sengketa pilkada yang disidang tersebut bisa dilanjutkan ke tahapan berikut atau tidak.

Sementara itu, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Tito Karnavian memastikan selama 2 bulan ke depan pihaknya akan fokus melakukan pengamanan di MK terkait sidang PHP Kada ini. Kekuatan yang dikerahkan sekarang ada 852 anggota dibagi menjadi 3 ring. Ring I di dalam, Ring II di luar, Ring III di jalan. Kemudian ada yang tertutup dan ada yang terbuka. Berpakaian preman di dalam. “Ada tempat escape juga kita siapkan,” beber Tito.

Begitu pula dengan para pengunjung, lanjut Tito, akan dilakukan seleksi oleh tim Pengamanan Dalam (Pamdal) MK dibantu kepolisian. Demikian juga dengan tamu-tamu telah disediakan tempat khusus. “Jadi tidak semua orang boleh masuk ke dalam,” tutur Tito

Dari pantuan satumaluku.com, para pengunjung yang datang ke gedung MK memang tidak bisa masuk ke ruang sidang. Mereka hanya diperbolehkan masuk di ruang yang telah disiapkan tiga televisi untuk mengikuti jalannya sidang. Yang hanya dibolehkan masuk ke ruang sidang adalah pemohon dan termohon prinsipal serta para kuasa hukumnya. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s