Aksi Heroik AKBP Untung Sangaji, Penembak Bomber Sarinah


KEMARIN, Kamis (15/1/2016) ketika sebagian orang membahas polisi ganteng atau polisi fashionable saat melawan aksi Teror Sarinah, seorang polisi berdarah Maluku justru memberi bukti nyata lewat aksi-aksinya. Dia lah AKBP Untung Sangaji, alumni Universitas Pattimura Ambon yang berasal dari Pulau Buru.

untung2 (1)Ceritanya, saat kejadian, AKBP Untung diketahui tengah ‘ngopi’ di sisi kiri gedung Sarinah bersama beberapa rekannya yang juga angggota polisi, salah satunya Komisaris Besar Polisi Urip Widodo.

“Awalnya saya sedang ngopi sambil tugas di jalur Presiden lalu lalang pulang. Tiba-tiba bunyi dentuman tak jauh,” kata Untung bercerita, Kamis 14 Januari 2016.

Karena pernah bertugas di Satgas Bom (sebelum Densus 88), pria yang kini menjabat sebagai Perwira Menengah (Pamen) Pusdik Polair langsung menghampiri Tempat Kejadian Perkara.

“Saya keluar dari kedai Walnut kemudian orang-orang pada berlarian menjauh dari ledakan. Saya menuju arah pos lantas ternyata sudah ada 3 jenazah,” imbuhnya.


Seorang anggota lantas tergeletak, kemudian ia meminta siapa pun yang berada di dekat situ agar membantu mengevakuasi korban. Tak lama kemudian terdengar bunyi ledakan dari depan Starbucks.

untung3 (1)

“Saya pun mengeluarkan pistol dan mendekat ke arah itu. Saya kemudian melihat pelaku megang senjata dan melempar bom ke bawah mobil Karo Ops Polda Metro Jaya,” kata mantan anggota Bareskrim Polri ini.

Bom itu meledak, setelah terhenti Untung pun melingkari ke arah kiri dan menembak pelaku yang juga memegang beberapa bom.

untung4 (1)

“Ketika perhatian pelaku ke arah mobil Karo Ops, saya melingkar dari sisi kiri Starbucks kemudian menembak ke arah dada dan kaki pelaku,” tuturnya.

Tiba-tiba bom jatuh dari tangan pelaku kemudian meledak. AKBP Untung meminta seorang anggota lainnya, Ipda Tamat agar mendekat bersamanya dan menembak berkali-kali untuk memastikan pelaku telah mati.

“Kemudian kita menemukan bom ada 4 buah yang siap diledakan berukuran kira-kira 12 cm, material pipa dan 3 lebih kecil,” kata Untung seperti dilansir  www.indoheadlinenews.com. 

14 thoughts on “Aksi Heroik AKBP Untung Sangaji, Penembak Bomber Sarinah

  1. Intinya tuh katong orang Maluku nih untuk soal nyali zn usah diragukan lai. . .karakter orang Maluku yang tergolong pemberani inilah yang selalu dapat diandalkan pada situasi2 krusial seperti contoh pada tragedi Sarinah waktu lalu.

    Like

  2. Sebagai adik..aq bangga punya kk seorang pemberani..lebih mengutamakan kepentingan orang banyak diatas kepentingan pribadi…

    Like

  3. Beliau adalah anak maluku.. yang lahir di Gemba ( sbb)..pemberani abangku bukan dilihat saat menajdi polisi aja..tpi keberanian abangku di lihat pada masa remajax.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s