Yonif 731/Banau Dirotasi Kabaresi, Pangdam Sesalkan Kekerasan di Saparua


SATUAN tugas Pamrahwan Yonif 732/Banau, dirotasi kepada Yonif 731/Kabaressi. Pangdam Pattimura mengucapkan terimakasih atas pengabdian pasukan Yonif 732/Banau, namun menyesalkan dua oknum Yonif 732/Banau melakukan tindak kekerasan pada anak-anak di Tuhaha, Saparua.

Rotasi Satgas Pamrahwan dilakukan dalam upacara militer di Lapangan Makodam XVI/Pattimura dengan inspektur upacara Pangdam Pattimura Mayjen TNI Doni Mordano, Rabu (13/1/2016).

Pendam XVI Pattimura merilis, dalam sambutannya, Pangdam mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya kepada Yonif 732/Banau atas kerja keras dalam melaksanakan tugas dengan sangat baik. Setidaknya dapat menyelesaikan 56 konflik masyarakat yang terjadi tanpa menimbulkan adanya korban di kedua belah pihak.

Selain itu, Yonif 732/Banau juga berhasil menemukan 23 pucuk senjata campuran berikut dengan ratusan bahakan ribuan amunisinya sisa konfik yang terdahulu. Prestasi tersebut tentunya sangat membanggakan kita semua yang merupakan organik Kodam XVI/Pattimura.

“Hanya saja sangat disayangkan di akhir masa penugasan terjadi sebuah peristiwa yang sangat tidak kita harapkan, yaitu adanya dua Prajurit dari Satgas Yonif 732/Banau di pos Guala Saparua yang melakukan tindakan kekerasan kepada anak kecil di bawah umur,” ujar Pangdam.

Baca Juga: Sadis! Oknum TNI Paksa 3 Warga di Saparua Celup Tangan di Air Mendidih

Kejadian tersebut, kata Pangdam, merupakan pelajaran untuk semua agar tidak terulang kembali, baik oleh satuan yang sedang melaksanakan tugas dan seluruh jajaran TNI AD yang bertugas di Wilayah Kodam XVI/Pattimura.

Kepada Satgas Yonif 731/Kabaresi, Pangdam mengingatkan, mulai saat ini mengemban kepercayaan dan tanggung jawab yang besar, untuk bisa menjaga stabilitas keamanan di Wilayah Maluku dan Maluku Utara. Selain itu, harus mengedepankan penyelesaian masalah tanpa masalah dan jangan menambah masalah.

“Bagaimana caranya kalian dituntut untuk menguji kesabaran dalam menyelesaikan masalah, laksanakan pendekatan dengan tokoh Masyarakat, Agama, Adat dan Pemuda, agar bisa mengajak untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan di Wilayah kita,” katanya.

Pergantian Satgas Pamrahwan Yonif 732/Banau kepada Yonifp 731/Kabaresi secara resmi di lepas dan disambut oleh Pangdam XVI/Pattimura, rotasi satgas ini secara berkesinambungan terus-menerus dilaksanakan demi mewujudkan situasi yang aman dan kondusif di wilayah Maluku dan Maluku Utara.

Turut hadir dalam Upacara tersebut, Kasdam XVI/Pattimura, Wadan Lantamal IX Ambon, Irdam XVI/Pattimura, mewakili Gubernur Maluku Bajas Bangpol Bpk Manusela, mewakili Kapolda Maluku AKBP Sida Halid, Para Asisten Kasdam XVI/Pattimura dan Para Kabalak Jajaran Kodam XVI/Pattimura.  (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s