Moluccas Duo, Identitas Maluku di Pentas Musik Indonesia


MOLUCCAS Duo, Jumat malam (15/1/2016) meluncurkan single album “Mendua” di Gulp & Gulf Bar, Sabang, Jakarta Pusat. Ini merupakan single album pertama kolaborasi Audrey Papilaja dan Pita Loppies yang tetap mengusung nama Moluccas.

“Walau kini kami hanya duo, tapi tetap mengusung nama Moluccas karena kami  orang Maluku,” kata Pita Loppies saat launching single album mereka.

Nama group vokal Molucass memang cukup melegenda di blantika musik nasional. Ketika awal didirikan tahun 2.000-an oleh Tantowi Yahya dengan manajemennya yaitu Cippy Production, personel Molucass digawangi 3 artis berdarah Maluku yakni Pita Loppies, Audrey Papilaja dan Naomi Risamassu.

moluccas-3
Personil Moluccas Duo Pita Loppies  dan Audrey Papilaja bersama dengan Produser Syarel Titaley, saat konferensi pers launching single album “Mendua”, Jumat (15/1/2016). FOTO oleh satumaluku/Petra Josua

Pita Loppies sendiri adalah Juara I Cipta Pesona Bintang 1992. Sebelumya tahun 1990 dia sempat lolos ke babak final Voice of Asia yang kemudian ia teruskan ke ajang Asia Bagus tahun 1993.

Audrey pernah mengikuti ajang Asia Bagus tahun 1993 dan 1994. Kemudian dia juga menjadi vokalis grup band Batere. Audrey juga sempat menyanyi di album Tifa Rema Dendang, album yang digarap oleh salah satu personel Masnait VG. Dia juga mempunyai pengalaman bernyanyi dari panggung ke panggung bersama Ocean Park Band.

Terakhir adalah Naomi. Ia pernah bergabung dengan Galilea Choir, sebuah kelompok paduan suara yang biasa mengisi gelaran rohani. Selain sebagai penyanyi, ia juga laris sebaga model. Dia pernah membintangi iklan Fanta, Smile Up, dan menjadi model video klip ALV Band.

Tahun 2.000, album perdana Moluccas “SE” dengan hits Ironi dan Satu laris manis di pasaran. Kehadiran Moluccas memberi warna baru musik pop Indonesia karena nuansa black music sangat terasa.

Namun tak berapa lama setelah terbentuk, salah satu personelnya yaitu Audrey mengundurkan diri dari grup ini. Posisinya kemudian digantikan penyanyi berkarakter vokal mezzosopran yaitu Maria da Silva. Dengan personil baru, Moluccas kemudian menelorkan album baru “US 2 U” tahun 2006 dengan hits “Ini Aku” ciptaan Cincin Lopez.

Dalam perjalanannya, tahun 2010, kemudian Maria dan Naomi mengundurkan dari dari Moluccas. Mereka kemudian ber-duo dan meluncurkan single album bertajuk “Yellow”, mengusung aliran musik pop evolution, yang mencampur-adukan pop dengan berbagai jenis aliran seperti jazz, R&B, dance, atau trance rock sehingga terdengar enerjik.

Pada 2013, Gita Rieuwpassa mengajak Audrey Papilaja dan Pita Loppies tampil duo di special performance Tribute To My Amy Winehouse Concert di event berskala internasional Soundrenalin. Sejak itu, format baru Moluccas berubah dari trio ke duo yang kemudian terkenal dengan nama Moluccas Duo. Moluccas Duo selanjutnya banyak mengisi event-event online dan juga TV.

moluccas-5
Penampilan Molucca Duo, kala menghibur pengunjung yang menyaksikan peluncuran single album “Mendua”, Jumat malam (15/1/2016) di Gulp & Gulf Bar, Sabang, Jakart Pusat. FOTO satumaluku/petra josua

Kemudian, pada awal 2015, Audrey mengusulkan untuk membuat single album. Dibantu musisi Figgy Papilaya yang membuat aransemen untuk live recording bersama Icanstudiolive. Namun karena kesibukan personil dan beberapa hal lain single recording live tersebut belum bisa di-launching.

Baru pada akhir 2015, Syarel Titaley sebagai produser dan support dari Cincin Lopez, selaku musisi dan pencipta lagu, akhirnya produksi single “Mendua” terwujud.

Single “Mendua” ini dijual secara digital di bawah label Sandhora Music (Bobby Sandhora) via music digital store iTunes dan Klikmusik (untuk android dan BB holder).

Warna musik yang diusung masih tetap di jalur POp dengan tetap mencirikan warna musik dari Moluccas yang khas.  (petra josua)

One thought on “Moluccas Duo, Identitas Maluku di Pentas Musik Indonesia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s