Kuasai Proyek Jalan di Maluku, Penyuap Anggota DPR Punya Kantor di Ambon


PENGUSAHA Abdul Khoir yang ditangkap penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dugaan menyuap anggota DPR Damayanti Wisnu Putranti selama ini telah membuka kantor di Kota Ambon. Tepatnya di Jalan Angsana, RT 03 RW 05 kawasan Aster, Kelurahan Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, tidak jauh dari pusat perbelanjaan Maluku City Mall (MCM).

Selama ini, hampir kurang lebih 10 tahun terakhir, perusahaan yang dia pimpin yakni PT Windu Tunggal Utama (WTU) memonopoli proyek-proyek di BPPJN Maluku dan Maluku utara. Proyek-proyek jalan yang telah dikerjakan perusahaan Abdul Khoir tersebar dari Kabupaten Maluku Tenggara hingga Pulau Seram yang meliputi Kabupaten Maluku Tengah, Seram Bagian Barat dan Seram Bagian Timur.

Informasi yang dihimpun Tribunnews.com menunjukkan nama Abdul Khoir memang sudah tenar di kalangan pengusaha jasa konstruksi di Provinsi Maluku. Bahkan Khoir dikenal sebagai ‘raja’ proyek jalan di Maluku.

Upaya suap terhadap anggota DPR Damayanti Wisnu Putranti juga dilakukan untuk mendapatkan mengamankan proyek jalan di Maluku. “Proyek jalan di Ambon,” kata Plh Kabiro Humas KPK Yuyuk Andrianti saat dikonfirmasi melalui pesan singkatnya, Minggu (17/1/2016)

Suap itu merupakan ‘ijon’ agar bisa dikerjakan PT Windhu Tunggal Utama. KPK sendiri telah menggeledah kantornya di kawasan Blok M itu pada Jumat (15/1/2016).

Seiring itu tim penyidik KPK yang dipimpin AKBP H.N Christian juga telah menggeledah kantor Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PU dan Pera di Kebayoran Baru, serta tiga ruangan kerja Damayanti, Budi Supriyanto Fraksi Partai Golkar, serta Yuddy Widiana Adia Fraksi Partai Keadilan Sejahtera di komplek parlemen.

Dari penggledahan itu penyidik mengamanan sejumlah dokumen dan elektronik (Harddisk). Kini barang yang telah diamankan itu tengah didalami penyidik KPK. “Diduga terkait dengan kasus yang sedang diproses,” kata Yuyuk. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s