JMP Galala-Poka, Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur, Ketujuh se-Indonesia


satumaluku.com- PADA senin malam (18/1/2016), bentangan tengah Jembatan Merah Putih (JMP) Galala-Poka akhirnya tersambung. Dari data jembatan-jembatan yang ada di Indonesia saat ini, kehadiran JMP Galala-Poka nantinya akan menjadi jembatan terpanjang di kawasan Indonesia Timur dan ketujuh se-Indonesia.

Namun, posisi ini hanya bertahan sebentar karena jika nanti Jembatan Martadipura (15,3 kilometer) di Kutai Kartanegara selesai dikerjakan dan beroperasi, maka posisi jembatan terpanjang di Indonesia akan diambilalih Jembatan Martadipura mengalahkan Suramadu.  JMP sendiri akan bergeser di urutan ke-8 se-Indonesia.

Berikut 9 Jembatan terpanjang di Indonesia (sudah termasuk JMP) saat ini, berdasarkan hasil riset di berbagai media:

1. Jembatan Suramadu

gambar-jembatan-suramadu-wisatanesia.co

Jembatan Nasional Suramadu merupakan jembatan terpanjang saat ini di Indonesia yang menghubungkan antara pulau Jawa (Surabaya) dengan Pulau Madura (Bangkalan). Jembatan ini memiliki panjang 5.438 meter dan lebar 30 meter. Jembatan Suramadu membentang di atas Selat Madura. Jembatan yang dibangun di era reformasi ini terdiri dari tiga bagian yaitu jembatan penghubung, jembatan utama dan jalan layang. Jembatan yang terbentang di atas Selat Madura ini mulai dibangun tahun 2003 dan diresmikan pada Juni 2009.

2. Jembatan Pasupati

pasupati-bridge-bandung-indonesia+skyscrapercity.com 1
Jembatan ini memiliki panjang 2.800 meter dan lebar 21,53 meter, menghubungkan Jalan Terusan Pasteur dengan Jalan Surapati dan melewati lembah Cikapundung, Bandung. Jembatan Pasopati (kependekan Pasteur dan Surapati) yang dibangun di tengah kota sebagai solusi untuk mengurai kemacetan ini diresmikan pada 26 Juni 2005.

3. Jembatan Barelang

barelang_bridge_by_devosx-d4rcaao

Jembatan Barelang membentang sejauh 2.264 meter, merupakan salah satu jembatan yang dibangun di masa Orde Baru dan diresmikan Tahun 1998. Jembatan ini menghubungkan tiga pulau, yaitu Pulau Batam,Pulau Rempang dan Pulau Galang dan merupakan rangkaian dari enam jembatan (termasuk di dalamnya Jembatan Teuku Fisabilillah) yang jika dihubungkan dapat mencapai lebih dari 2 km. Kontruksi Jembatan Barelang mirip dengan Golden Gate di San Fransisco dengan banyaknya kabel-kabel stayed yang terhubung dengan dua pilar utama, yang menjadikan jembatan ini terlihat megah.

4. Jembatan Siak

jembatan siak riau-kelilingriau

Nama resmi jembatan di Provinsi Riau ini adalah Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah. Panjangnya mencapai 1.196 meter dan lebar 16,95 meter. Jembatan yang terbentang di atas Sungai Siak ini diresmikan di era reformasi, yakni pada 2007 lalu.

5. Jembatan Ampera

jembatan-ampera-dan-sungai-musi-dodaholiday.com1

Jembatan Ampera merupakan jembatan paling megah di masa Orde Lama. Jembatan yang diresmikan tahun 1965 ini memiliki panjang 1.117 meter dan lebar 22 meter. Selama lebih dari 50 tahun, Jembatan Ampera menjadi ikon Kota Palembang. Adapun jembatan ini membentang di atas sungai Musi yang menghubungkan antara daerah Seberang Ulu dan daerah Seberang Ilir dan kini berada di tengah Kota Palembang.

9 thoughts on “JMP Galala-Poka, Jembatan Terpanjang di Indonesia Timur, Ketujuh se-Indonesia

  1. Andre: Yang beta baca dari artikel ini, semua jembatan pake nama di daerah sendiri. Kenapa di maluku seng berlaku hal yg sama? Apa katong malu pake nama lokal? Pa gubernur dengn dprd tolong lia akang jua. Jang sampe kamorang tercatat dalam sejarah sebagai pemimpin2 yg seng mampu angka katong orang maluku pung muka….

    Like

  2. Di jawa timur = jembatan suramadu
    Di batam = jembatan barelang
    Di kalimantan = jembatam mahakam dll
    Di Riau = jembatan siak
    Di Maluku = jembatan pela gandong? Jembatan Teluk Ambon? Jembatan Marthafon? Jembatan Galala – Poka?

    Katong tunggu gubernur dan anggota dewan dong saat peresmian jua…

    Like

  3. jembatan ini sa akang klaar paleng lama, banyak mitos yg berkembang. dapa ahok..su dapa loko banya. ahok gubernur gw…gubernur kalian mana?

    Like

  4. Alasan pemda .. Alasan yg Tidak masuk akal.. Krn di hubungkAn dengan peristiwa kerusuhan yg pernah terjadi so hrs ada keseimbangan dua kelompok.. Merah / kristen dan putih/ musim…. Betapa bodoh nya !!!!!

    Like

  5. pemerint propinsi kurang adil kpada orng maluku tentng nm yg di pakai pda jmbtan kbnggan kita, smestinya pemerint harus mngkaji beberapa nm yg memeliki nm di knca nasional, atau nm 2 daera yg juga di pakai pada beberapa instansi, mislnya LAWAMENA HAULALA, atau galala poka, biar kta slaku ana Maluku bida mrsa memiliki jmbtan itu,

    Like

  6. pemerint propinsi kurang adil kpada orng maluku tentng nm yg di pakai pda jmbtan kbnggan kita, smestinya pemerint harus mngkaji beberapa nm yg memeliki nm di knca nasional, atau nm 2 daera yg juga di pakai pada beberapa instansi, mislnya LAWAMENA HAULALA, atau galala poka, biar kta slaku ana Maluku bida mrsa memiliki jmbtan itu,

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s