Uang Suap Anggota DPR Diduga dari Pengusaha di Ambon


satumaluku.com- Pengusaha asal Ambon, Maluku, yakni Tan Frenky Tanaya alias So Kok Aseng, pimpinan PT Cahaya Mas Perkasa diduga terlibat dalam kasus suap terhadap anggota DPR dari Fraksi PDIP Damayanti Wisnu Putranti.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menduga uang yang diberikan tersangka Direktur Utama PT Windhu Tunggal Utama (WTU) Abdul Khoir kepada Damayanti berasal dari Tanaya.

Plh Kepala Biro Humas KPK Yuyuk Andriati Iskak menyatakan, penggeledahan kantor PT Cahaya Mas Perkasa pada Jumat 22 Januari 2016 dan pencegahan terhadap Komisaris PT Cahaya Mas Perkasa Tan Frenky Tanaya atau So Kok Seng alias Asenk bersama Budi Supriyanto selaku anggota Komisi V DPR dari Fraksi Partai Golkar sejak Rabu 20 Januari 2016 lalu bukan tanpa alasan.

Penggeledahan dimaksudkan karena diduga ada jejak-jejak tersangka. Penggeledahan tersebut dan pencegahan Tan Frenky Tanaya dilakukan karena diduga uang suap yang diserahkan dan dijanjikan Abdul Khoir untuk para anggota Komisi V DPR juga berasal dari Tanaya dan PT Cahaya Mas Perkasa. “Ada dugaan seperti itu,” tegas Yuyuk, dilansir KORAN SINDO.

Yuyuk menuturkan, penyidik masih mendalami peruntukan SGD305.000 dari keseluruhan komitmen fee SGD404.000 yang dijanjikan Khoir kepada Komisi V DPR. Sebab uang yang baru diterima Damayanti, Dessy, dan Julia masing-masing SGD33.000.

Penyidik juga masih mengusut bukti-bukti pendukung pembicaraan komitmen fee dan alokasi uang aspirasi antara Damayanti dengan Budi, Yudi, dan anggota Komisi V lainnya.

“Semua sedang didalami penyidik, karena itu diperiksa beberapa saksi. Semua itu sedang berjalan. Semua informasi yang berkaitan kasus ini pasti akan ditanyakan dan didalami oleh penyidik,” bebernya.

Sementara itu, sesuai melakukan penggeledahan di tiga lokasi di Kota Ambon pada Jumat, 22 Januari 2016, KPK memastikan akan segera melakukan pemeriksaan kepada Kepala Kantor Balai Pelaksana Jalan Jembatan Nasional (BPJJN) Wilayah IX Maluku-Maluku Utara Amran Mustari. Saat ini, pemeriksaan terhadap Amran diagendakan pada Selasa (26/1/2016). (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s