Laki-Laki Kabaresi AKBP Untung Sangaji Dianugerahi Pin Emas


satumaluku.com– Laki-laki kabaresi dari Seram Bagian Barat Untung Sangaji dianugerahi Pin Emas dari Polri atas keberaniannya saat melumpuhkan bomber Sarinah, Kamis (15/1/2016) lalu. Untung bersama 15 anggota Polri lainnya dinilai berjasa saat mengatasi peristiwa teror bom dan penembakan di kawasan Sarinah, Thamrin, Jakarta.

Penganugerahan Pin Emas disematkan Kapolri Jenderal Polisi Badrodin Haiti kepada AKBP Untung Sangaji dalam sela-sela acara Rapim di Gedung PTIK, Kebayoran Baru, Selasa (26/1/2016). Penghargaan tersebut diberikan setelah dikeluarkannya Surat Keputusan Kapolri No: KEP/68/1/2016 tanggal 24 Januari 2016 soal pemberian penghargaan pada 16 anggota Polri yang berjasa di kasus bom Thamrin.

Selain Pin Emas, dari 16 anggota tersebut, ada juga yang mendapat penghargaan Pin perak dan kenaikan pangkat satu tingkat. “Termasuk lima anggota kami yang jadi korban Thamrin juga dapat penghargaan, semoga cepat diberi kesembuhan,” kata Badrodin dalam pidatonya, dilansir Detik.com.

Kisah AKBP Untung Sangaji dalam peristiwa teror Sarinah cukup menarik. Oleh sejumlah stasiun TV swasta yang menyiarkan secara langsung kejadian tersebut, sempat menyoroti Untung sebagai salah satu teroris karena saat itu dia hanya mengenakan baju putih dan memegang pistol. Tapi, seiring waktu, akhirnya terkuak bahwa ternyata polisi lulusan Universitas Pattimura Ambon itu lah yang menjadi salah satu pahlawan yang melumpuhkan bomber Sarinah.

Saat peristiwa sendiri, Untung mengaku sedang ngopi bersama rekannya di Wallnut Thamrin. Dia kemudian mendengar terjadinya ledakan yang di dekat pos polisi depan Sarinah. Dalam berbagai rekaman foto, terlihat Untung kemudian membantu menolong sejumlah korban dan kemudian mengejar dan menembak kedua bomber Sarinah tersebut. “Saya tembak mereka tepat di dada,” ungkap Untung saat itu.

Berikut nama ke-16 anggota Polri yang mendapat penghargaan:

1. Aiptu Deni Mahieu, anggota Satgatur Ditlantas Polda Metro Jaya mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Ipda.
2. Aiptu Suhadi, anggota Satgatur Ditlantas Polda Meto Jaya mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Ipda.
3. Aiptu Dodi Maryadi, anggota Satlantas Polres Jakarta Pusat mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Ipda.
4. Aiptu Budiono, anggota Propam Polres Jakarta Pusat mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Ipda.
5. Brigadir Suminto, anggota Satgatur Ditlantas Polda Metro Jaya mendapat kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi menjadi Bripka.
6. Kombes Martuani Sormin, Karoops Polda Metro Jaya mendapat pin emas.
7. AKBP Ahmad Untung Sangaji, Pamen Pusdikpolair Lemdiklat Polri mendapat pin emas.
8. AKBP Dedi Tabrani, Kapolsek Menteng mendapat pin emas.
9. IPDA Tamat Suryani, Gadik Penyelia Pusdikpolair Lemdiklat Polri mendapat pin emas.
10. Bripda Wiliyansyah, driver Karoops Polda Metro Jaya mendapat pin emas.
11. Aiptu Purwanto, Satsabhara Polres Jakarta Pusat mendapat pin perak.
12. Brigadir Fery Aldunan Afriandi, Satsabhara Polres Jakarta Pusat mendapat pin perak.
13. Brigadir Heryanto Panjaitan, Satsabhara Polres Jakarta Pusat mendapat pin perak.
14. Brigadir Tris Haryono anggota Polsek Menteng mendapat pin perak.
15. Briptu Muhammad Mustaqim, Ba satsabhara Polres Jakarta Pusat mendapat pin perak.
16. Briptu Andrian Nurdiawan, Ba Satsabhara Polres Jakarta Pusat mendapat pin perak.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s