Bidik Wisatawan, Ambon Fokus Bersihkan Sampah di Pantai


satumaluku.com- Kota Ambon saat ini sedang membidik kunjungan wisatawan. Selain tetap meningkatkan rasa persaudaraan di masyarakat, aksi bersih-bersih lingkungan kota dan pantai juga dilakukan agar keasrian tetap terjaga.

“Upaya pembersihan sampah intensif dikampanyekan Pemkot Ambon. Bukan hanya di darat, tetapi laut yang merupakan tempat perkembangbiakan ikan serta lokasi penyelaman,” ujar Wakil Wali Kota Ambon, Sam Latuconsina di Ambon, Rabu (27/1/2016), dilansir Antara.

Menurut Sam, dari hasil peninjauan yang dilakukan ke pusat diving di Ambon ditemukan sampah mengapung di laut dan pesisir pantai. Karena itu, pihaknya telah menyiapkan program jangka pendek yakni pembersihan lokasi diving di Teluk Ambon yang akan dilakukan Dinas Kebersihan dan Pertamanan serta Dinas Pariwista dan Kebudayaan.

“Dua SKPD ini akan berkoordinasi untuk pembersihan lokasi diving, sebelum menetapkan program jangka panjang yakni koordinsi lintas SKPD lainnya untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat pesisir maupun perusahaan yang beroperasi di seputar Teluk Ambon,” katanya.

Diakuinya, kota Ambon sudah layak dikunjungi wisatawan karena itu pemerintah dan warga harus memiliki kepedulian untuk menjaga kebersihan kota.

Seperti diberitakan sebelumnya, selain bersih-bersih kota dan pantai, Pemkot Ambon juga pada 26 Februari akan memberlakukan kebijakan kantong plastik berbayar. Tujuannya agar mengurangi sampah dari bahan plastik yang susah terurai oleh tanah.

Terkait kebijakan ini, warga Kota Ambon disarankan membawa kantong belanjaan dari rumah agar peredaran kantong plastik semakin berkurang. Bahkan Wali Kota Richard Louhenapessy sempat mewacanakan harga kantong plastik Rp5.000/buah. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s