Sudah Dicekal KPK, Pengusaha dari Ambon Tutup Wajah Usai Diperiksa


satumaluku.com- Pengusaha asal Ambon, Maluku, Tan Frenky Tanaya alias So Kok Aseng, memilih ngumpet menutup wajahnya seusai diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Selasa malam (26/1/2016).

Pimpinan PT Cahaya Mas Perkasa yang kantornya di Lorong Mayang, Ambon, digeledah KPK beberapa hari lalu itu, tak mau menjawab satupun pertanyaan wartawan,

Aseng sendiri sudah dicekal oleh KPK. Saat ini, dia masih diperiksa sebagai saksi untuk Anggota Komisi V DPR RI dari Fraksi PDIP, Damayanti Wisnu Putranti.

Saat hendak keluar dari dalam lobi Gedung KPK, Aseng yang mengenakan kemeja biru itu terus bergegas menerobos kerumunan wartawan sambil menutupi wajahnya. Dia menyembunyikan wajah dibalik koleganya yang menunggu sejak pagi. Tak satupun pertanyaan wartawan diladeni hingga naik ke taksi.

Berbeda dengan Aseng, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) IX, Amran Hl Mustary seusai diperiksa KPK mengaku dicecar soal proyek pembangunan jalan di wilayah Pulau Seram, Maluku.

“Ya tadi (ditanya) persoalan itu saja. Berkaitan dengan masalah ini,” kata Amran saat keluar dari dalam Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (26/1/2016) malam, dilansir tribunnews.com.

Amran sebenarnya sempat mencoba menghindari wartawan yang sudah menanti dirinya di pelataran markas antirasuah itu. Dia pun tak mau bicara banyak saat wartawan mencecar sejumlah pertanyaan terkait kasus dugaan suap ‘pengamanan’ proyek pembangunan jalan yang sudah menjerat Damayanti Wisnu Putranti ini.

Amran selaku penanggungjawab pembangunan jalan nasional di wilayah kerja Maluku dan Maluku Utara itu mengklaim belum pernah rapat bersama Komisi V DPR terkait proyek tersebut. Dia juga tak tahu menahu mengenai uang suap yang dikucurkan oleh Dirut PT Windu Tunggal Utama, Abdul Khoir ke Damayanti.

“Enggak, enggak tau saya. Belum (ada rapat juga),” tukasnya sambil terus berjalan menuju mobilnya yang terparkir di luar Gedung KPK.

Seperti diketahui, penyidik lembaga antirasuah ini juga sudah menggeledah kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) IX di Ambon, Maluku beberapa waktu lalu. BBPJN IX merupakan lembaga yang bernaung di bawah Direktorat Bina Marga Kementerian PUPR. (avp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s