Dua Sekolah di Ambon Jadi Pelopor “Sekolah Aman” di Indonesia Timur


satumaluku.com- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan menetapakan dua sekolah di Kota Ambon sebagai “sekolah aman”, Jumat (29/1/2016). Pencanangan “sekolah aman” dimaksudkan menjadi perlindungan bagi anak-anak yang mengalami tindakan kekerasan, terutama di lingkungan sekolah.

Kebijakan “sekolah aman” sudah diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 82 Tahun 2015 tentang pencegahan dan penanggulangan Tindak Kekerasan di lingkungan sekolah. Pencegahan tindakan kekerasan mencakup pelecehan, perundungan, penganiayaan, perkelahiaan dan/atau tawuran.

Kemudian perlu mengatasi pula tindakan perpeloncoan, pemerasan, pencabulan, pemerkosaan, kekerasan berbasis Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA) dan kekerasan lainnya yang diatur Undang-Undang

Adapun kedua sekolah dimaksud adalah SMA Negeri 1 Ambon dan SMP Negeri 6 Ambon. SMA Negeri 1 merupakan SMA negeri pertama di Kawasan Timur Indonesia (KTI) untuk pencanangan “sekolah aman”. Begitu juga SMP Negeri 6 Ambon menjadi SMP negeri pertama di KTI untuk program yang sama.

Menurut Anies, pencanangan “sekolah aman” dikarenakan tingkat kekerasan terhadap anak sering terjadi dan sering diabaikan para pendidik. Karena itu, dengan dicanangkan “sekolah aman”, maka diharapkan semua tenaga pendidik harus menjadi payung untuk memberi rasa aman tersebut.

“Sangat ironis memang karena 85 persen angka kekerasan terhadap anak terjadi di lingkungan sekolah dan 15 persen sisanya terjadi di luar sekolah. Yang mengenaskan lagi kekerasan di lingkungan sekolah tersebut tidak pernah dilaporkan oleh para pendidik tetapi malah didiamkan,” katanya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Ambon Drs Yanepada Mahulette menyatakan rasa bangga karena sekolah yang dia pimpin menjadi sekolah pertama di KTI yang dipercayakan pemerintah menjadi percontohan. “Ini menjadi tantangan bagi kami para guru di SMP 6,” ujarnya. (avp)

3 thoughts on “Dua Sekolah di Ambon Jadi Pelopor “Sekolah Aman” di Indonesia Timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s