Positif, Dukungan Pusat untuk Pemekaran Kei Besar dan 12 DOB di Maluku


satumaluku.com- Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara bersama tim DPRD setempat getol memperjuangkan terbentuknya daerah otonom baru (DOB) Kabupaten Kepulauan Kei Besar. Saat ini, tim dari Maluku Tenggara sedang melakukan roadshow ke lembaga-lembaga penentu kebijakan di Jakarta demi merealisasikan proses pemekaran tersebut.

Bila Rabu (3/1/2016) lalu, tim dari Maluku Tenggara menemui Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Senayan, hari ini, Kamis (4/2/2016) tim tersebut bertandang ke Departemen Dalam Negeri (Depdagri).

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Maluku Tenggara Utha Safsafubun menjelaskan pihak Depdagri yang diwakili Direktur Otonomi Daerah menyambut positif rencana pemakaran Kabupaten Kepulauan Kei Besar dan 12 DOB lainnya di Maluku.

“Pak Direktur Otonomi Daerah akan sampaikan hasil pertemuan ke Dirjen Otonomi Daerah Depadgri untuk diteruskan ke Mendagri,” ujar Utha, seusai pertemuan.

Utha juga menegaskan Bupati Maluku Tenggara mendukung penuh rencana pemekaran Kabupaten Kepulauan Kei Besar, terbukti dengan kehadirannya dalam pertemuan dengan pihak Dewan Perwakilan Daerah (DPD) di Senayan, Rabu.

“Sedangkan dalam pertemuan di Depdagari, Pak Bupati diwakili Wakil Bupati,” timpalnya.

Sebagaimana diketahui, DOB yang ditetapkan dalam grand design pemekaran di Maluku, selain Kabupaten Kepulauan Kei Besar, juga ada 12 calon DOB baru. Ke-12 calon DOB itu adalah Kabupaten Kepulauan Terselatan, Kabupaten Gorom-Wakate, Kabupaten Aru Perbatasan, Kabupaten Tanimbar Utara, Kabupaten Seram Utara Raya, Kabupaten Jazirah Leihitu, Kabupaten Talabatai, Kabupaten Buru Kayeli, Kota Bula, Kota Kepulauan Huamual, Kota Kepulauan Lease, dan Kawasan Khusus Kepulauan Banda.

Dalam pertemuan di Depdagri, para pimpinan DPRD dari daerah-daerah yang akan dimekarkan juga hadir. Begitu juga saat pertemuan di gedung DPD, Senayan.

Yang menarik saat pertemuan dengan DPD, berdasarkan hasil pantauan, semua kepala daerah yang wilayahnya akan dimekarkan hadir. Bahkan pihak pemerintah Provinsi diwakili Sekda dan para pimpinan Komisi A DPRD Maluku.

Yang tidak hadir, dalam pertemuan tersebut hanya Bupati Maluku Tengah Abua Tuasikal dan Bupati Maluku Tenggara Barat Bito Temar.

Rencananya, Jumat besok (5/2/2016), pemerintah dan DPRD dari sejumlah daerah yang akan dimekarkan bertemu dengan Komisi II DPR RI. Tujuannya untuk memuluskan rencana pemekaran ke-13 DOB di Maluku. (avp)

3 thoughts on “Positif, Dukungan Pusat untuk Pemekaran Kei Besar dan 12 DOB di Maluku

  1. Yang pasti semua orang akan berpikir positif soal usulan pemekaran DOB tapi tidak semudah itu. Mungkin 3 DOB di Maluku yang diterima. Kepulauan key dan 9 calon lainnya DOB pasti akan gugur, pemekaran kota tual hampir tidak jadi apalagi sekarang usulan kepulauan key besar jadi kabupaten Lalu bagaimana dengan kabupaten Maluku tenggara mungkin diimgrasi jumlah penduduk dari kepulauan kecil ke kepulauan key besar biar banyak jumlahnya agar dpt memenuhi syarat jumlah penduduk.tpi heran DPRD provinsi bisa meloloskan kepulauan key. Belum lagi pertimbangan potensi daerahnya tidak ada apanya bagaimana bisa berhasil hd DOB

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s